Belajar Sejarah di Benteng Vredeburg Jogjakarta


Keramaian-Vredeburg
Keramaian benteng vredeburg

Berkunjung di kota Gudeg alias Jogjakarta tidak lengkap rasanya bila tak berbelanja di Malioboro. Menghabiskan waktu dipusat kota jogja dengan sajian khas Gudeg yang memiliki rasa manis adalah suatu kenikmatan tersendiri. Kota ini juga dikenal sebagai kota yang serba murah, bahkan dengan uang 5000 saja kita sudah bisa makan sekaligus minum loh disini. Jadi jangan heran kalo jogja kini semakin banyak pendatangnya, mulai dari mahasiswa hingga para pelancong asal luar negeri. Sedangkan untuk objek wisata yang dekat dengan Malioboro salah satunya adalah Benteng Vredeburg.

Pemandangan saat memasuki benteng
Pemandangan saat memasuki benteng

Lokasi tepat dari Benteng Vredeburg sendiri ada di Jalan Jend.A.Yani No.6 Jogjakarta. Tepat berada di depan Istana Negara Jogjakarta. Awal memasuki pintu gerbang dari Benteng Vredeburg, tampak sebuah bangunan besar asal peninggalan penjajahan Belanda di masa silam. Tembok besar yang berdiri dengan gagahnya ini memiliki dua buah pasang pilar yang ada di kanan dan kiri area pintu masuk. Tapi, jangan lupa beli tiketnya dulu ya. Cukup merogoh kocek sebesar Rp2,000 rupiah aja, kita sudah bisa berjalan- jalan menikmati suasana khas Belanda.

Sejarah

Pada jaman dahulu bangunan ini telah mengalami banyak perubahan fungsi, mulai dari benteng pertahanan, markas militer Belanda dan Jepang, juga sebagai markas militer Republik Indonesia. Tapi pada 9 Agustus 1980 dengan persetujuan Sri Sultan hamengku Buwono IX selaku pemilik, benteng ini berfungsi sebagai pusat informasi dan pengembangan budaya nusantara. Saat 16 April 1986 sempat dilakukan pemugaran menjadi Museum Perjuangan, lalu di buka untuk umum di tahin 1987. Seiring berjalannya waktu terjadi perubahan nama di 23 November 1992 menjadi Museum Benteng Yogyakarta.

Tiket masuk museum
Tiket masuk museum benteng vredeburg

Informasi Museum

Sekedar informasi jika jam buka museum pada hari selasa hingga jumat hanya pukul 08.00 â?? 16.00 WIB. Sedangkan pada saat weekend yaitu sabtu minggu dibuka lebih lama, pukul 08.00 â?? 17.00. Namun perlu dicatat bahwa pada hari senin dan hari libur nasional museum ini tutup. Fasilitasnya apa aja sih yang ada didalam museum perjuangan ini?

  1. Hotspot gratis
  2. Café
  3. Perpustakaan
  4. Mushola
  5. Pemandu
  6. Ruang pertunjukan
  7. Ruang seminar, diskusi, pertemuan dan pelatihan
  8. Audio visual & ruang belajar
  9. Museum
  10. Kamar mandi
  11. Jasa sepeda onthel
Ruang diorama
Kondisi di dalam diorama

Memasuki sebuah diorama terdapat bilik – bilik yang di isi dengan miniatur para pejuang, dimana setiap bilik memiliki kisah yang berbeda. Misalnya pada salah satunya menceritakan masa berdirinya organisasi Muhammadiyah. Nah, miniaturnya dibuat seolah sedang berada pada rapat organisasi.

kondisi rapat pendirian organisasi muhammadiyah
kondisi rapat pendirian organisasi muhammadiyah

Didalam benteng ini akan banyak bangunan tua bernuansa arsitektur jaman Belanda. Dihiasi tiang â?? tiang penyangga yang besar dan setiap bangunannya mempunyai catatan historis yang didirikan pada tahun 1760 hingga 1765. Museum Benteng Vredeburg termasuk dalam jajaran museum perjuangan khusus sejarah nasional bangsa Indonesia. Sehingga lokasi ini juga sebagai sarana edukasi yang mengandung nilai sejarah, seni, buda, dan ilmu pengetahuan. Maka dari itu banyak patung diorama sebagai perlambangan kisah saat masa perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dahulu. Untuk kalian yang suka dengan fotografi bisa menuangkan ekpresi seni memotret patung â?? patung di area Museum Benteng Vredeburg.

Pada salah satu dioramanya juga terdapat â??Mini Studioâ? dimana kita dapat menyaksikan film documenter menggunakan multimedia video berdurasi 10 â?? 15 menit. Museum ini juga sudah dilengkapi sarana media interaktif menggunakan media layar sentuh, suasana klasik tapi asik kan? Nah, ada juga tempat khusus yang seolah membawa kita berada di lokasi jaman penjajahan dahulu, bersama tawanan, penjajah bersenjata, dilengkapi suara jeritan yang mengerikan. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak