Sebuah lagu umumnya memiliki durasi sekitar 3 sampau 5 menit, meskipun ada juga yang kurang atau lebih dari waktu tersebut. Namun ternyata ada juga lagu yang diklaim sebagai lagu paling pendek di dunia. Lagu apa itu?

Dihimpun jadiBerita dari berbagai sumber, lagu yang dimaksud bukan lagu pop, melainkan lagu dari band grindcore bernama Napalm Death yang berjudul “You Suffer”. Durasinya hanya 2 detik, bahkan kurang. Lagu yang dirilis pada tahun 1987 tersebut diakui oleh Guinnes World Record sebagai lagu terpendek sedunia, atau istilahnya micro song.

Grindcore sendiri adalah jenis musik metal ekstrim yang bercirikan tempo super cepat, distorsi yang hebat, dentuman drum yang kuat dan cepat, serta vokal growl. Musik ini merupakan campuran jenis musik death metal, hardcore punk, dan industrial.

Lirik dari lagu ini juga tidak begitu jelas. Jika kamu menelusuri lirik lagu ini di internet, maka kebanyakan akan menulis liriknya “You suffer…but why”.

Sementara itu, pada tahun 1994, band Brutal Truth, yang juga merupakan band grindcore, mengeluarkan video klip berjudul “Collateral Damage” yang berdurasi 4 detik. Video klip ini sempat diakui oleh Guinnes World Record sebagai video klip terpendek di dunia, namun segera dipatahkan oleh Napalm Death yang merilis video klip “You Suffer” yang berdurasi 1,3 detik.

Lagu “You Suffer” juga masuk ke dalam album kompilasi yang dirilis oleh Earache Records. Album ini dirilis berupa vinyl, dan berisikan 13 lagu. Uniknya, semua lagu yang ada di dalam kompilasi ini adalah lagu yang durasinya singkat, dan total durasi keseluruhan dari album ini hanya 83 detik saja. Selain Napalm Death, album ini juga diisi oleh Morbid Angel, Insect Warfare, AC, Painkiller, Brutal Truth, Lawnmower Death dan Wormrot.

Kamu bisa lihat video “You Suffer” dari Napalm Death pada video berikut ini.

(tom)