Is this your exboyfriend? (mydatinghangovers.com)

Rasa sakit dan kecewa lantaran putus cinta mungkin pernah atau bahkan kamu rasakan. Tetapi, putus dan berakhirnya suatu hubungan cinta tidak lantas membuat kamu membenci mantan pacarmu. Mungkin memang sikap dan alasan berakhirnya hubungan kalian menyakitkan, tetapi JadiBerita akan memberitahumu mengenai alasan yang membuat kamu tidak boleh membenci mantan pacarmu:

1. Mantan pernah merajai hatimu

Kamu pernah bahagia sekali mendapat pesan dari mantanmu (mirror.co.uk)

Tidak dipungkiri bahwa mantan adalah ia yang pernah mengisi hatimu dan menemani hari-harimu. Kamu dan dia dahulu saling menyayangi dan bahagia bersama, lantas kenapa sekarang harus saling membenci? Tidak etis rasanya jika kita membenci apalagi sampai membicarakan kejelekan mantan kepada orang lain. Hal itu berpengaruh pada image mantanmu dan bahkan kamu sendiri. Kamu mungkin akan dicap sebagai tukang gosip.

2. Mantan adalah guru

Mantan mungkin membuatmu menjadi pribadi yang senang memberi (wordpress.com)

Karena pernah menemani hari-harimu, mantan juga pasti pernah memberikanmu berbagai pelajaran berharga. Tidak menutup kemungkinan bahwa dia pernah mengarahkanmu untuk berbuat hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk dirimu sendiri, bukan?

3. Mantan adalah pelajaran

Kedepannya kamu bisa lebih selektif lagi (123rf.com)

Selain sebagai seorang guru, mantan juga merupakan pelajaran bagi kita. Karena telah salah langkah dalam menjalin hubungan cinta dengannya. Pelajaran yang bisa diambil yakni adalah kamu harus lebih berhati-hati lagi ketika memulai hubungan. Bukan berarti kamu harus menutup diri, tetapi lebih selektif dan hindari membuat kesalahan untuk kedua kalinya.

4. Jadikan mantan sebagai acuan

Tunjukan kalau kamu bisa sukses dan bahagia (dawgrant.com)

Kamu dan mantan pacarmu memang sudah tidak lagi memiliki hubungan seperti dahulu. Tetapi, kamu bisa menjadikannya sebagai acuan. Acuan bisa dalam berbagai hal, misal saja acuan untuk kamu sukses dan membahagiakan dirimu sendiri, acuan untuk bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik dari mantanmu. Kamu harus bisa melangkah lebih jauh lagi meski harus berjuang seorang diri.

5. Kamu tidak akan bahagia

Kamu tidak akan bahagia karena sibuk membenci (inc.com)

Alasan terakhir bahwa kamu tidak boleh membenci mantan adalah karena untuk dirimu. Kalau kamu membenci mantan maka kamu tidak akan bahagia. Kenapa? Karena kamu akan selalu menyimpan amarah dan dengki kepada mantanmu. Amarah dan dengki akan menutup pintu kebahagiaan buatmu lho.

(anb)