5 Pengisi Suara Film Kartun Ternama di Indonesia

Pada hari minggu pagi, kita pasti akan disajikan dengan film-film animasi seperti SpongeBob SquarePants maupun Detective Conan. Bahkan, kehadiran animasi-animasi itu tak hanya di hari libur saja, hari biasa juga kerap ditayangkan di berbagai stasiun televisi.

Kamu pun sudah tahu bahwa animasi-animasi itu bukan berasal dari Indonesia melainkan luar negeri. Namun, film-film kartun itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan melibatkan pengisi suara atau dubber orang Indonesia.

Lantas, siapa sajakah orang yang mengisi suara tokoh-tokoh animasi yang sering kita tonton? Inilah 5 pengisi suara film kartun ternama di Indonesia.

1. Hana Bahagiana

Hana Bahagiana (www.kaorinusantara.or.id)
Hana Bahagiana (www.kaorinusantara.or.id)

Wanita berhijab bernama Hana Bahagiana ternyata adalah pengisi suara tokoh animasi One Piece. Sebelum terjun sebagai dubber one piece, Hana pernah ikut casting untuk dubber telenovela. Ia pun didapuk menjadi pengisi suara peran antagonis bernama Lucrecia. Tak hanya one piece, Hana pun menjadi dubber Koujiro Hyuga dalam kartun Captain Tsubasa, Gerald dalam film Hey Arnold!, dan masih banyak lagi.

2. Darmawan Susanto

Darmawan Susanto (blogspot)
Darmawan Susanto (blogspot)

Kalau kamu sering menonton kartun Spongebob Squarepants, pasti tak asing dengan tokoh Patrick. Ternyata, pengisi suara si bintang laut warna pink itu bernama Darmawan Susanto. Pria asal Yogyakarta itu mengaku dirinya dan tokoh Patrick banyak memiliki banyak kesamaan antara lain bertubuh gemuk dan penyuka makanan manis. Darmawan berprofesi sebagai dubber sejak tahun 1994 silam.

3. Jumali Prawirorejo

 Jumali Jindra (blogspot)
Jumali Prawirorejo (blogspot)

Jika tadi kita membocorkan tentang pengisi suara Patrick, kali ini JadiBerita mengungkap pengisi suara Squidward. Ia adalah Jumali Prawirorejo. Lelaki berkacamata ini memutuskan menjadi dubber di film animasi sejak tahun 1991 silam. Bukan hanya mengisi suara Squidward saja, Jumali juga pernah menjadi dubber di film kartun Scooby Doo dengan tokoh Shaggy.

4. Ahmad Zulkifli Lubis

Ahmad Zulkifli Lubis (blogspot)
Ahmad Zulkifli Lubis (blogspot)

Ahmad Zulkifli Lubis juga menjadi pengisi suara film kartun ternama di Indonesia. Pria yang sering dipanggil Iphie ini mengisi suara karakter Conan Edogawa di film Detective Conan. Selama menjadi dubber, berbagai tokoh sudah pernah ia mainkan seperti Shinggo Tsukino & Giuro Umino di film Sailoor moon, Satoshi/Ash di film Pokemon, dan lain sebagainya.

5. Ade Kurniawan

Ade Kurniawan (blogspot)
Ade Kurniawan (blogspot)

Di urutan kelima, pria bernama Ade Kurniawan juga menjadi dubber ternama di Indonesia. Ade didapuk menjadi pengisi suara karakter Spongebob. Ade mengisi suara Spongebob pada tahun 2000. Karakter yang pernah ia dubbingkan tergolong banyak di antaranya Soujiro Setta, Aoshi Sinomori di Samurai X, dan Ratrap di animasi Woody Woodpacker.

(nha)