Happy Couple (the-open-mind.com)

Move On memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses-proses yang harus dilakukan seseorang agar dia bisa benar-benar move on, bukan sekedar melupakan tapi ujung-ujungnya teringat mantan kekasihnya lagi.

Intinya proses move on akan terasa mudah jika kamu percaya bahwa kamu bisa mendapatkan pasangan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan kamu juga tak akan tersakiti lagi.

Cara untuk move on pun sebenarnya sederhana lho yakni dengan membuang kenangan akan mantan dan mau membuka hati dengan orang baru. Ya memang agak sulit, tapi kalau kamu punya niat sungguh-sungguh untuk move on, semua akan terasa lancar kok.

Lantas, apa sih tanda-tanda seseorang yang sudah move on? Yuk, langsung simak uraian yang dihimpun JadiBerita berikut ini.

1. Mengingat Masa Lalu Tak Lagi Menyakitkan

bercengkrama dengan pacar membuat bahagia (www.huffingtonpost.co.uk)
bercengkrama dengan pacar membuat bahagia (www.huffingtonpost.co.uk)

Tanda pertama jika kamu sudah benar-benar move on adalah ketika mengingat masa lalu tak lagi menyakitkan. Artinya, jika kamu punya pengalaman tak menyenangkan bersama mantan pacarmu, kamu sudah tak lagi mengingatnya dengan perasaan kesal, sedih, ataupun jengkel.

2. Bisa Menertawakan Diri Sendiri

Kebersaaan dengan kekasih memang mengasyikan (www.chatelaine.com)
Kebersaaan dengan kekasih memang mengasyikan (www.chatelaine.com)

Kamu mungkin pernah mencintai orang yang salah. Saat sudah tak bersama dia, kamu justru merasa bahwa tindakan kamu dulu sangat bodoh. Walaupun kamu pernah salah memilih pasangan, justru kamu akan belajar dari pengalaman yang nantinya memberikan pelajaran bagaimana cara memilih kekasih yang tepat. Eits, terkadang kamu pun bisa tertawa saat mengenang semua peristiwa yang kamu anggap bodoh atau konyol dulu.

3. Tak Menuntut Cinta Sempurna

Pasangan kekasih saling menerima apa adanya (tammyhylandtherapy.com)
Pasangan kekasih saling menerima apa adanya (tammyhylandtherapy.com)

Dalam suatu hubungan, terkadang kita tak bisa memaksakan yang namanya perasaan. Jika sudah tak cinta lagi, maka jangan mencoba pura-pura bertahan. Karena sebuah hubungan yang baik dilandasi oleh perasaan cinta tulus antara dua insan. Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk mengakhiri jalinan cintamu, maka selanjutnya saat kamu membuka hati lagi, jangan pernah menuntut cinta yang sempurna.

4. Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Pasangan berbahagia (www.huffingtonpost.com)
Pasangan berbahagia (www.huffingtonpost.com)

Kalau kamu punya sahabat yang punya masalah percintaan yang terbilang pelik, solusinya adalah membantunya untuk memecahkan problem itu. Selain itu, kamu juga bisa mengambil pelajaran dari pengalaman dia lho. Hal ini dilakukan agar kamu tahu saat harus dihadapkan dengan masalah cinta yang mungkin hampir sama. Belajar dari pengalaman dapat menjadikan kamu bisa move on dan tak terbelenggu dengan kenangan akan mantan.

5. Punya Impian Baru yang Akan Diwujudkan Bersama Pacar

Punya masa depan & tujuan yang searah (www.imgsumo.com)
Punya masa depan & tujuan yang searah (www.imgsumo.com)

Tanda terakhir kamu sudah move on adalah kamu mulai memikirkan impian baru yang kelak akan kamu wujudkan dengan pasanganmu. Tapi, sebelum bertindak seperti itu, kamu harus berani membuka hati untuk sosok yang baru juga ya.

(nha)