Sandal Jepit (sayangi.com)

Pernahkah kamu membayangkan harga satu buah gorengan mencapai Rp 62.000? Pasti kamu tak percaya bukan.

Namun, kenyataannya memang benar kok. Di negara Belanda, satu buah gorengan dihargai Rp 62.000. Padahal gorengan yang berasal dari Indonesia hanya dijual sebesar Rp 1.000.

Bukan hanya gorengan, masih ada beberapa barang murah asal Indonesia yang ternyata bernilai mahal di luar negeri. Wah, barang apa saja ya? Langsung saja yuk, Check this out!

1. Tempe

Tempe (blogspot)
Tempe (blogspot)

Tahukah kamu? Tempe menjadi barang murah asal Indonesia yang bernilai mahal di Luar Negeri. Negara yang menjual tempe dengan harga mahal adalah Eropa. Jika di Tanah Air harga tempe hanya sekitar Rp 2.000, maka di Eropa mencapai 1,79 Euro atau setara Rp 25.000.

2. Gorengan

Gorengan (majalahkesehatan.com)
Gorengan (majalahkesehatan.com)

Camilan gurih nan lezat bernama Gorengan juga menjadi barang murah Indonesia yang bernilai mahal di luar negeri. Apabila di Indonesia, satu gorengan dihargai Rp 500 perak sampai Rp 1.000, lain halnya dengan di Belanda. Di Belanda, satu gorengan bernilai 5 Euro atau sekitar Rp 62.000.

3 Mie Instan

Mie Instan (malesbanget.com)
Mie Instan (malesbanget.com)

Mie instan pun masuk menjadi barang dengan harga murah di Indonesia. Namun, harga murah mie instan tak berlaku di Jepang. Sebab, Jepang menjual mie instan seharga 85 yen atau sekitar Rp 9.000. Padahal di Indonesia, satu bungkus mie instan hanya dihargai antara Rp 1.500 sampai Rp 2.000.

4. Bahan Bakar Minyak (BBM)

BBM (keepo.me)
BBM (keepo.me)

Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang, termasuk rakyat Turki. Namun, harga BBM di Turki relatif mahal yakni Rp 22.000. Kalau di Indonesia, harga BBM cuma Rp 7.500 sampai Rp 8.000.

5. Sandal Jepit

Sandal Jepit (sayangi.com)
Sandal Jepit (sayangi.com)

Terakhir, sandal jepit pun menjadi barang murah Indonesia yang bernilai mahal di luar negeri. Umumnya, harga sepasang sandal jepit di Tanah Air sebesar Rp 10.000. Tapi, ketika artis luar negeri memakai sandal jepit justru harganya melambung tinggi mencapai Rp 250.000. Sandal jepit itu dijual melalui situs penjualan online Ebay.

(nha)