Eksperimen Musik Efek Rumah Kaca di Single Terbaru


Lama tidak terdengar kabarnya dan sempat vakum, Efek Rumah Kaca kembali dengan single terbarunya yang berjudul “Pasar Bisa Diciptakan”. Lagu ini serentak diputar di 144 radio di Indonesia tepat pada hari Jumat tanggal 10 Juli lalu. Bagaimana lagu ini dibandingkan lagu sebelumnya?

Pasar Bisa Diciptakan (Hai-Online)
Pasar Bisa Diciptakan (Hai-Online)

â??Seiring dengan waktu, kita sudah tidak sekeras dulu. Masih ada api itu tapi kami ingin lebih kalem. Kita ingin lebih tenang dalam meneriakkan sesuatu. Banyak lirik yang akhirnya diganti karena kami merasa sudah tidak sesuai lagi. Yang jelas, â??Pasar..â?? dibuat untuk kami sendiri, tidak ada rencana untuk membuat manifesto atau apapun itu. Ini hanya cermin kegelisahan kami,â? ujar Cholil sang vokalis dan gitaris, dikutip dari Hai-Onlinecom, Senin (13/7/2015).

Perilisan single mereka ini sekaligus menandai perjalanan band yang beranggotakan Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bass, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) di dunia musik selama 10 tahun.

Efek Rumah Kaca (Hai-Online)
Efek Rumah Kaca (Hai-Online)

Selain lebih kalem, eksperimentasi menjadi kunci di karya terbaru mereka ini. Aransemen dibuat lebih kaya dengan layer-layer gitar yang lebih membahana, dinamika sekaligus struktur lagu juga menjadi semakin berwarna.

Uniknya, lagu ini sebenarnya bukan materi baru. Dasar-dasar lagu ini telah terbentuk sejak tahun 2008. Ide dasar dari â??Pasar Bisa Diciptakanâ? adalah semacam elaborasi lebih lanjut dari lagu â??Cinta Meluluâ?, tentang kegelisahan Efek Rumah kaca terhadap proses berkarya sebuah karya seni dengan posisinya di pasar/industri. Jika â??Cinta Meluluâ? menyampaikan pesannya dalam nada yang cenderung sinikal, pada â??Pasar Bisa Diciptakanâ? Efek Rumah Kaca memilih perspektif yang lebih optimis.

Single â??Pasar Bisa Diciptakanâ? ini dirilis bersamaan dengan single â??Biruâ? yang merupakan extended version dari single ini.

Kamu bisa dengarkan lagunya berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak