Memasuki Hari Lebaran, biasanya sering diputar lagu-lagu bertemakan Lebaran di Indonesia. Kini sudah banyak lagu Lebaran yang rilis. Mari kita tengok ke belakang ada lagu Lebaran apa saja yang rilis di Indonesia, seperti dihimpun jadiBerita dari berbagai sumber.

Lagu yang bisa dibilang lagu Lebaran pertama adalah “Selamat Hari Lebaran” ciptaan Ismail Marzuki. Kenapa dibilang paling pertama? Karena lagu ini diciptakan pada tahun 50-an, dan sepertinya tidak ada lagu Lebaran sebelum tahun tersebut. Lagu “Selamat Hari Lebaran” ini didominasi oleh instrumen akordion, dan sempat menyinggung mengenai pemerintahan Indonesia. Dengar lagunya di bawah ini.

Berikutnya, ada lagu “Lebaran” yang dinyanyikan oleh Oslan Husein. Bisa dibilang kalau lagu ini adalah lagu Lebaran paling populer, karena banyak penyanyi-penyanyi baru yang menyanyikan ulang lagu ini, seperti misalnya band GIGI. Liriknya sendiri terbilang mudah diingat, dan kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu ini.

Berikutnya, pada tahun 1984, dirilis lagi lagu Lebaran berjudul “Lebaran Sebentar Lagi”. Lagu itu dinyanyikan oleh Bimbo. Lagu ini juga termasuk ke dalam lagu Lebaran paling populer di Indonesia. Sama seperti lagu “Lebaran”, lagu “Lebaran Sebentar Lagi” ini juga tahun lalu sempat dinyanyikan ulang oleh penyanyi muda Indonesia, yaitu Afgan, Andien dan Giring Nidji.

Masuk tahun 2002, giliran penyanyi cilik yang menyanyikan lagu Lebaran. Saat itu lagu berjudul “Idul Fitri” dinyanyikan oleh Tasya Kamila. Lagu yang terdapat di dalam album “Ketupat Lebaran” ini memang cocok untuk dijadikan lagu Lebaran sekaligus lagu religi untuk anak-anak.

Tahun 2006, giliran band Ungu yang menciptakan lagu tentang Lebaran berjudul “Selamat Lebaran”. Yang unik dari lagu ini adalah adanya suara takbiran di awal lagunya.

Itulah lagu Lebaran yang pernah dirilis di Indonesia. Bisa jadi pada tahun-tahun mendatang ada lagu baru yang diciptakan oleh musisi-musisi Indonesia. (tom)