Fernbank Museum of Natural History (img.cits.net)

Sejak boomingnya film Jurasic Park beberapa tahun yang lalu hingga sekarang, membuat keberadaan dinosaurus semakin banyak digemari oleh banyak orang. Meski sudah punah, keberadaan dinosaurus banyak mengundang rasa penasaran dan ingin tahu. Melihat dinosaurus hanya dari layar kaca tidak cukup untuk memuaskan rasa penasaran tersebut sehingga sekarang sudah banyak berdiri museum yang bertemakan dinosaurus yang tersebar di berbagai belahan dunia. Selain dapat melihat kerangka dinosaurus secara langsung, pengunjung museum juga mendapat pengetahuan tentang sejarah kehidupan dinosaurus. Jadi Berita telah merangkum sepuluh museum dinosaurus terbaik yang ada di seluruh dunia berdasarkan polling CCN.com, yaitu:

1. Museum Fur Naturkunde di Berlin

Museum Fur Naturkunde (germanywanderer.com)
Museum Fur Naturkunde (germanywanderer.com)

Museum sains di Berlin ini merupakan rumah bagi koleksi tulang-tulang yang digali dari Tanzania di abad ke-20 dan menampilkan berbagai macam spesies. Yang paling mengesankan adalah Brachiosaurus berukuran 41-kaki 5-inci. Fosil ini pemegang rekor di Guinness WorldRecord dan mendominasi pandangan di ruangan galeri. Museum ini juga memiliki fosil Archaeopteryx terpenting di dunia yang menunjukkan hubungan antara dinosaurus dan burung.

2. Royal Belgian Institute of Natural Science di Brussels

Royal Belgian Institute of Natural Science  (synthesys.info)
Royal Belgian Institute of Natural Science (synthesys.info)

Dengan ruang pameran dinosaurus terbesar di dunia, museum ini memiliki koleksi fosil tengkorak dan rangka cetakan gips yang mengesankan. Terdapat 30 Iguanodons, dinosaurus yang diklasifikasikan dalam tahun 1800-an. Hewan ini memiliki tanduk runcing aneh yang awalnya paleontologis kira merupakan cula di hidung mereka. Di galeri ini juga terdapat pameran Interaktif tentang detail proses fosilisasi dan penggalian fosil dinosaurus penggalian.

3. Field Museum di Chicago

Field Museum Chicago (chicagorants.com)
Field Museum Chicago (chicagorants.com)

Museum dengan tema perkembangan planet ini didedikasikan untuk 4 miliar tahun evolusi dinosaurus, seperti di Madagaskar dan Antartika. Daya tarik utama sudah tampak dari pintu masuk. Kamu akan menemukan Sue, Tyrannosaurus terbesar di dunia, yang menyambut pengunjung museum sains Chicago. Sue merupakan spesimen paling menarik di museum tersebut. Bagaimana tidak? Sue merupakan tengkorak asli, seberat 600 kilogram dan memiliki 58 gigi!

4. National Dinosaur Museum di Canberra, Australia

National Dinosaur Museum (wikimedia.org)
National Dinosaur Museum (wikimedia.org)

Museum ini merupakan tempat yang tepat untuk menjelajahi zaman prasejarah di Australia. Tempat ini memiliki koleksi fosil dinosaurus terbesar di Australia. Selain fosil, tulang dan jejak mengesankan dari segala macam hewan, museum ini juga memiliki taman dengan patung dinosaurus. Museum ini juga menyediakan layanan tur bagi anak-anak untuk mempelajari bagaimana penggalian fosil dilakukan.

5. Wyoming Dinosaur Center di Wyoming, Amerika Serikat

Wyoming Dinosaur Center (dinosaurstop.com)
Wyoming Dinosaur Center (dinosaurstop.com)

Daya tarik utama dari museum ini adalah Supersaurus setinggi 106-kaki. Museum ini juga menampilkan kerangka Triceratops, Stegosaurus dan Velociraptor, serta archaeopteryx dalam segala macam pose yang dinamis.

6. Royal Tyrrel Museum of Paleontology di Alberta, Kanada

Royal Tyrrell Museum (carpyharphy.files.wordpress.com)
Royal Tyrrell Museum (carpyharphy.files.wordpress.com)

Lebih dari 130.000 fosil yang menghuni museum ini, termasuk kerangka “Black Beauty”, Tyrannosaurus asli dengan tengkorang kemilau kegelapan yang unik. Museum ini juga menampilkan harimau bertaring tajam yang tengah menyerang mamooth. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat bagaimana paleontologis bekerja di laboratorium. Di sana, wisatawan dapat melihat bagaimana mereka mengidentifikasi fosil.

7. Iziko Museum (Cape Town, Afrika Selatan)

Iziko Museum in Cape Town (capetownmuseum.net)
Iziko Museum in Cape Town (capetownmuseum.net)

Kamu dapat melihat T.Rex raksasa. Meskipun hanya fosil tiruan, ukuran rangka T. Rex yang begitu besar ini pasti pasti akan membuat pengunjung tercengang.

8. Zigong Dinosaur Museum di Zigong, Tiongkok

Zigong Dinosaur Museum (tiongkokjournal.com)
Zigong Dinosaur Museum (tiongkokjournal.com)

Museum dinosaurus di Zigong berdiri di atas situs penggalian fosil Dashanpu, sehingga memungkinkan pengunjung untuk melihat secara langsung dari sebuah situs penemuan fosil. Inilah yang menjadi daya tarik utama museum tersebut. Museum ini memiliki 18 kerangka dinosaurus yang lengkap dari 200 spesies dari hasil penggalian.

9. Fernbank Museum of Natural History di Atlanta, Amerika Serikat

Fernbank Museum of Natural History  (img.cits.net)
Fernbank Museum of Natural History (img.cits.net)

Museum dinosaurus di Atlanta ini memiliki rangka Argentinosaurus, sang karnivora purba raksasa. Rangka ini bisa kamu lihat di ruang pameran Mesozoikum, bersama Gigantosaurus karnivora yang besarnya menyaingi T. Rex. Museum ini juga menampilkan zaman prasejarah Georgia melalui mural dan model dinosaurus.

10. Jurassic Land di Istanbul, Turki

Istanbul property jurassic land (istanbulpropertyservice.com)
Istanbul property jurassic land (istanbulpropertyservice.com)

Museum di Istanbul ini resmi dibuka pada tahun 2011. Sama seperti museum dinosaurus lainnya, Jurassic Land menampilkan fosil-fosil dinosaurus. Jurassic Land juga memiliki animatronik atau robot yang dibuat mirip dinosaurus, untuk menghibur pengunjung yang datang. (jow)