Tembok besar china (whtime.claudapp.net)

Tempat wisata selalu erat kaitannya dengan mitos-mitos yang berlaku. Bukan hanya tempat wisata di Indonesia, tapi tempat wisata di sejumlah negara di dunia ini juga memiliki mitos yang kadang menjadikan para wisatawan salah kaprah. Namanya juga mitos, bisa benar, bisa juga tidak. Berikut mitos beberapa tempat wisata di dunia yang dilansir dari dailymailcom:

1. Piramida Terletak di Tengah Gurun Pasir

Giza Piramida (world-mysteries.com)
Giza Piramida (world-mysteries.com)

Ada banyak foto dokumentasi Piramida di Giza, dari sudut tertentu ataupun relatif dekat agar membuatnya tampak seperti berada di tengah gurun. Padahal sebenarnya, Piramida terletak dekat dengan keramaian kota. Begitupula dengan Sphinx yang ada di tengah kota.

2. Tidak Ada Toilet di Turki

Toilet di Instanbul Turki (commons.wikimedia.org)
Toilet di Instanbul Turki (commons.wikimedia.org)

Beberapa daerah pedesaan di Turki mungkin memang terbilang masih tertinggal sehingga cukup sulit untuk menemukan toilet jongkok. Istanbul merupakan salah satu daerah yang kini memiliki toilet modern. Beberapa tempat yang menyediakan toilet modern tersebut seperti bioskop, mall, dan bandara.

3. Kanguru di Australia Berkeliaran

kanguru di Australia (panoramio.com)
kanguru di Australia (panoramio.com)

Jika kamu belum pernah ke Australia, mungkin berpikir bahwa koala dan kanguru dapat dengan mudah ditemukan di berbagai sudut kota. Namun dalam kenyataannya, satu-satunya tempat bagi turis untuk bertemu dengan hewan tersebut adalah di kebun binatang atau selama dalam perjalanan gurun.

4. Perempuan Wajib Menggunakan Kerudung saat ke Timur Tengah

Turis di Dubai (thenational.ae)
Turis di Dubai (thenational.ae)

Hal Ini sebenarnya tergantung di mana kamu berada. Di Arab Saudi, misalnya, sebagai negara muslim yang paling konservatif, perempuan diharapkan menggunakan kerudung sepanjang waktu terutama ketika ke masjid. Tapi di Dubai atau Maroko, bersantai dengan pakaian bikini di hotel umumnya dapat diterima. Misalnya hanya menutupi bahu dan lutut.

5. Warga Paris Kasar dan Tidak Ramah

bertanya jalan di Perancis (wdpromedia.disney.go.com)
bertanya jalan di Perancis (wdpromedia.disney.go.com)

Perancis memang memiliki reputasi sebagai kota dengan warga lokal yang kasar. Mungkin ini terkesan tidak adil karena sebenarnya warga Paris umumnya ramah dan sangat membantu bagi para wisatawan. Tapi harus diingat, sebaiknya kamu bisa sedikit bahasa Perancis agar mudah berkomunikasi dengan warga lokal.

6. Tembok Besar China Jadi Satu-satunya Bangunan yang Bisa Dilihat dari Angkasa

Tembok besar china (whtime.claudapp.net)
Tembok besar china (whtime.claudapp.net)

Tembok besar Cina adalah bangunan yang terpanjang dunia. Tapi yang harus diluruskan adalah, bangunan ini tidak terlihat dari ruang angkasa. Temuan ini dilakukan pada tahun 2003 oleh Yang Liwei, astronot Cina, yang menjelaskan kesalahpahaman tersebut.

7. Norwegia Negara Kutub

norwegia (bi.gazeta.pl)
norwegia (bi.gazeta.pl)

Sebagai salah satu tempat kita bisa melihat cahaya di bagian utara di dunia, banyak wisatawan keliru menganggap bahwa seluruh bagian negara Norwegia berada di wilayah kutub. Pada kenyataannya, hanya pulau-pulau Svalbard yang berada di wilayah kutub. Sebagian besar daerah yang berpenghuni memiliki iklim dan lingkungan yang hijau, terutama di musim panas. (jow)