Curug ngumpet, mendengar nama ini mungkin anda akan berpikir bahwa letak curug ini tersembunyi dan berada jauh di dalam hutan.  Mengingat nama â??ngumpetâ? yang mempunyai arti â??tersembunyiâ? wajar jika Anda berpikiran seperti itu.  Tetapi, pikiran Anda itu sama sekali salah, Curug ini mudah sekali ditemukan bahkan letaknya hanya 100 meter dari tempat penjuala tiket masuk lokasi wisata yang indah ini.

curug ngumpet Bogor

Terletak di daerah Pamijahan, Bogor-Jawa Barat.  Letaknya memang cukup jauh dari Kota Bogor.  Banyak akses untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Curug Ngumpet ini berada di daerah Gunung Bunder dan Gunung Salak Endah.  Kebetulan pada (3/9) saya ke lokasi ini melalui daerah Leuwiliang-Bogor (jika yang tidak tahu bisa cari di Google Maps), Anda harus bangun pagi-pagi sekali untuk melihat keindahan Curug ini.  Karena jika Anda kesiangan, dipastikan Anda akan terjebak macet sampai berjam-jam.  Karena jalan menuju Curug ini tidak seluas jalan-jalan yang ada di Ibukota.
Kalau Anda berangkat sekitar pukul 9.00 pagi dari Bogor, Anda akan menempuh waktu sekitar satu setengah jam.  Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang begitu menyegarkan mata, tersedia juga banyak penginapan disini.  Namun walaupun pemandangan disini begitu indah, Anda harus tetap berhati-hati dalam perjalanan.  Anda akan menghadapi belokan dan turunan yang sangat curam.. Sangat menantang bukan? Tapi perjalanan yang sangat menantang ini akan terlunaskan ketika melihat keindahan Curug Ngumpet ini (seperti yang terlihat di gambar).
Air Terjun Curug Ngumpet
Sebelum Anda masuk, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar lima ribu rupiah saja untuk satu orangnya.   Biaya yang sangat murah untuk menikmati pemandangan yang luar biasa.  Setelah melalui loket pembayaran Anda hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 100 meter, letaknya begitu dekat dan jauh dari kesan tersembunyi bukan?  Tetapi saya pun masih bingung mengapa dinamai â??Curug Ngumpetâ??
Curug Ngumpet ini juga merupakan tempat favorit di saat liburan.  Banyak warga lokal ataupun non-lokal, jauh-jauh datang ke Curug ini untuk menikmati keindahan dan segarnya air yang mengalir dari Curug Ngumpet ini. Untuk menikmati kesegaran air Curug ini, Anda bisa langsung menceburkan diri Anda ke dalam genangan air yang ada.  Bisa juga melompat dari atas bebatuan yang terdapat di samping-samping air mengalir.  Seru sekali bukan?
Disarankan untuk tidak memakai mobil ataupun bis.. sangat tidak disarankan!!  Karena macet di daerah ini tidak kalah dengan macetnya jalan menuju puncak.  Kecuali bagi Anda yang suka sekali dengan kemacetan.. ya itu sih jadi ga masalah..
Jika Anda ingin menikmati tantangan-tantangan yang seru saat dan memukau liburan ini adalah salah satu tempat rekomendasi untuk Anda semua.  Dijamin akan terpuaskan!  (doc @deaizwell)