Rumor mengenai planet yang kita huni saat ini, yaitu Bumi, makin mengkhawatirkan. Ada yang mengatakan kalau pada masa mendatang Bumi akan menjadi planet yang tidak layak untuk dihuni lagi oleh manusia, dan manusia harus mencari planet lain untuk bisa dihuni.

Berawal dari kabar tersebut, para ilmuwan kemudian melakukan pencarian planet lain di luar sistem tata surya kita, atau istilahnya exoplanet, yang tentunya bisa ditinggali manusia layaknya bumi. Dilansir dari Kaskus, Jumat (24/7/2015), berikut adalah beberapa exoplanet yang bisa dihuni manusia, yang berhasil ditemukan hingga saat ini.

1. Epsilon Eridani b

Epsilon Eridani b (Kaskus)
Epsilon Eridani b (Kaskus)

Eridani merupakan bintang yang berada dalam konstelasi Eridanus dengan jarak hanya 10 tahun cahaya dari Bumi (untuk membayangkan betapa jauhnya itu, jarak Bumi â?? Matahari sekitar 8 menit cahaya). Walaupun tergolong dekat, namun usaha manusia bila ingin mencari kehidupan di planet ini akan dipenuhi tantangan, sebab tata surya Epsilon Eridani memiliki tak hanya satu, tapi dua sabuk asteroid penuh dengan batuan melayang dengan kecepatan tinggi.

2. Osiris

Osiris (Kaskus)
Osiris (Kaskus)

Nama asli planet ini adalah D 209458 b. Planet dalam konstelasi Pegasus ini diberi nama sesuai dengan dewa dalam mitologi Mesir. Planet ini bisa dibilang sebagai â??planet yang terlukaâ? sebab saat mengorbit di dekat bintang induknya, bagian dari planet ini akan menguap seperti ekor komet dan lenyap.

3. Methuselah

Methuselah (Kaskus)
Methuselah (Kaskus)

Planet bernama asli PSR B1620-26b ini menyandang nama yang â??biblicalâ? untuk alasan yang tepat. Nama â??Methuselahâ? merupakan kakek Nabi Nuh yang juga merupakan orang tertua dalam sejarah Alkitab. Planet di konstelasi Scorpio ini diduga berumur 13 milyar tahun, sedikit lebih muda ketimbang umur jagad raya ini, yakni 13,7 milyar tahun.

4. 91 Aquarii b

Ilustrasi suasana di 91 Aquarii b (Kaskus)
Ilustrasi suasana di 91 Aquarii b (Kaskus)

Yang unik dari planet ini adalah kita bisa melihat 3 matahari saat pagi hari. Hanya saja bukan matahari asli. Tata surya di konstelasi Aquarius ini memang memiliki tiga bintang yang mengitari satu sama lain.

5. COROT 7 b

COROT 7 b (Kaskus)
COROT 7 b (Kaskus)

Berada di konstelasi Unicorn, planet ini diduga memiliki bentuk menyerupai Bumi dan memiliki lautan logam serta magma. Planet ini juga menyandang gelar sebagai salah satu eksoplanet terkecil yang pernah ditemukan.

6. HD 189773b

HD 189773b (Kaskus)
HD 189773b (Kaskus)

Planet dalam konstelasi Vulpecula (Rubah) ini memang memiliki warna biru cantik mirip Bumi. Namun kondisi permukaan planet ini amatlah aneh. Suhu permukaannya yang tinggi menyebabkan partikel silikon di planet ini menguap menjadi butiran kaca cair yang kemudian akan jatuh menjadi hujan beling (pecahan kaca) yang disertai badai yang mengamuk dengan kecepatan 7 ribu km/jam.

7. 55 Cancri e

55 Cancri e (Kaskus)
55 Cancri e (Kaskus)

Planet ini kaya akan unsur karbon dimana pada suhunya yang tinggi (sekitar 2.700 derajat Celcius) secara logika akan berbentuk berlian murni. Dengan kata lain, planet ini terbuat dari berlian.

8. TrES-2Bb

TrES-2Bb (Kaskus)
TrES-2Bb (Kaskus)

Planet ini mungkin merupakan representasi dari neraka. Planet ini memiliki warna hitam legam dan tidak memantulkan sedikitpun cahaya dari bintang induknya di konstelasi Draco. Tak hanya itu, suhu permukaannya mencapai 1.000 derajat Celcius.

9. Gliese 436b

Gliese 436b (Kaskus)
Gliese 436b (Kaskus)

Gliese 436b mengitari bintang induknya yang berada di konstelasi Leo dengan sangat dekat, membuat suhu planet ini membara, sekitar 440 derajat Celcius. Namun anehnya, para ilmuwan menemukan air di planet ini, yang karena gaya gravitasi yang amat kuat, tak mampu menguap dan terus tertarik dan memadat di planet tersebut dalam bentuk es. Sehingga es dalam planet ini memiliki suhu panas.

10. Kepler 62 e dan 62 f

Kepler 62 e dan 62 f (Kaskus)
Kepler 62 e dan 62 f (Kaskus)

Kedua planet ini teramat unik, sebab menurut penelitian, seluruh permukaannya kemungkinan besar tertutup oleh lautan. Planet ini mengitari bintang Kepler 62 yang berada di Konstelasi Lyra (Harpa).

11. Gliese 667Cc

Gliese 667Cc (Kaskus)
Gliese 667Cc (Kaskus)

Planet berukuran 4,5 kali lebih besar dibandingkan Bumi ini juga memiliki 3 Matahari. Jika manusia mampu hidup di sana, mereka harus beradaptasi, sebab setahun di planet ini setara dengan 28 hari di Bumi yang artinya kita bakal lebih cepat tua kalau tinggal di planet ini.

12. Kepler 22 b

Kepler 22 b (Kaskus)
Kepler 22 b (Kaskus)

Planet ini memiliki suhu yang lumayan kondusif, yakni 22 derajat Celcius. Planet ini terletak dalam konstelasi Cygnus (Angsa), namun letaknya sangat jauh, yakni 600 tahun cahaya dari Bumi.

13. Kapteyn b

Kapteyn b (Kaskus)
Kapteyn b (Kaskus)

Planet ini cukup menjanjikan sebab letaknya cukup dekat dengan tata surya kita, yakni 12,8 tahun cahaya. Uniknya, umur planet ini 2,5 kali lebih tua ketimbang planet kita. Mungkin saja eksoplanet ini memiliki peradaban yang jauh lebih tinggi dibandingkan peradaban di Bumi.

14. Tau Ceti e

Tau Ceti e (Kaskus)
Tau Ceti e (Kaskus)

Inilah eksoplanet terdekat dengan Bumi, yakni â??hanyaâ? 11,9 tahun cahaya (bahkan bintangnya bisa kita lihat dari Bumi dengan mata telanjang). Uniknya, tata surya di konstelasi Cetus (Ikan Paus) ini dikelilingi oleh cakram komet, sehingga komet yang berterbangan di langit mungkin akan menjadi pemandangan sehari-hari.

15. HD 40307 g

HD 40307 g (Kaskus)
HD 40307 g (Kaskus)

Eksoplanet ini memiliki gaya gravitasi dua kali lebih besar ketimbang Bumi, jadi manusia harus bersusah payah jika mau tinggal di sana. Uniknya jika planet ini memang memiliki kehidupan, maka â??manusiaâ? yang tinggal di planet ini akan menjadi manusia super bila berada di Bumi karena gaya gravitasinya yang lebih kecil. (tom)