Sekarang masih ramai dibicarakan tentang film terbaru Marvel, yaitu “Ant-Man”. Jika kamu sudah menonton film tersebut, tentu kamu setuju kalau film itu bisa menjadi salah satu film terbaik buatan Marvel. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai superhero kocak itu. Berikut 5 fakta tentang Ant-Man yang perlu kamu tahu, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Ant-Man adalah salah satu pendiri Avengers

Detik-detik pembentukan Avengers (Duniaku)
Detik-detik pembentukan Avengers (Duniaku)

Mungkin jika kamu menonton film “The Avengers”, kamu akan beranggapan kalau Avengers merupakan bentukan Iron Man, Hulk, Thor, dan Captain America. Namun untuk versi komiknya, Captain America tidak termasuk ke dalam anggota awal. Dia baru bergabung setelah tubuhnya yang terbungkus es ditemukan oleh Avengers. Justru Ant-Man dan Wasp lah yang menjadi pembentuk Avengers. Anggota awal Avengers adalah Iron Man, Hulk, Thor, serta Ant-Man dan Wasp. Nama Avengers sendiri dipilih oleh Ant-Man setelah dicetuskan oleh Wasp. Ketiga Avengers lain setuju, dan nama itu bertahan sampai sekarang.

2. Kostum Ant-Man dipakai oleh tiga orang

Ant-Man versi film (Movieweb)
Ant-Man versi film (Movieweb)

Dalam versi filmnya, dapat diketahui kalau kostum Ant-Man digunakan oleh Hank Pym dan juga Scott Lang. Namun, rupanya setelah mereka berdua nantinya kostum Ant-Man ini akan dipakai lagi oleh orang lain. Dia bernama Eric Oâ??Grady.

3. Hank Pym adalah pencipta Ultron

ultron-first-appearance-1-330x258

Hank Pym, yang di film diperankan oleh Michael Douglas, merupakan salah satu superhero Marvel dengan latar belakang yang cukup bermasalah. Dalam satu kesempatan, dia bahkan pernah menciptakan sebuah robot penjahat yang ingin ia hadapi sendiri di depan umum untuk menaikkan pamornya di mata Avengers, yaitu Ultron. Niat awal Pym sama sekali tak berhubungan dengan senjata pemusnah masal, dia hanya ingin bereksperimen menciptakan robot cerdas. Sayang, hasil jadi karyanya justru menjelma terlalu cerdas, sehingga Pym kemudian dicuci otak oleh robot buatannya itu. Mungkin saja nantinya akan ada versi film mengenai ingatan Hank Pym akan pembuatan Ultron, yang selama ini tidak pernah disinggung.

4. Pemakai kostum Ant-Man adalah kriminal

Ant-Man versi komik (Duniaku)
Ant-Man versi komik (Duniaku)

Scott Lang, yang menjadi tokoh utama versi film, memulai karirnya sebagai seorang anti-villain. Pada dasarnya dia adalah pria baik-baik yang sudah berkeluarga. Sehari-harinya dia bekerja sebagai tukang listrik. Namun, begitu gajinya sehari-hari tak sanggup menghidupi keluarganya, dia terpaksa beralih menjadi kriminal. Kabar baiknya, dia bisa memanfaatkan momen itu untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang elektronik. Tony Stark lalu mempekerjakan Lang untuk bekerja di Stark International. Salah satu penugasan yang ia terima di masa ini adalah memasang sistem keamanan di Avengers Mansion.

5. Kemampuan Ant-Man

Kemampuan Ant-Man (Duniaku)
Kemampuan Ant-Man (Duniaku)

Kemampuan Ant-Man yang paling menonjol adalah menyusutkan diri. Di komik, dia dapat melakukan ini dengan bantuan zat ciptaan Hank Pym, yang disebut sebagai Pym Particle. Helm khusus yang dikenakan Ant-Man memungkinkan dia untuk berkomunikasi dengan serangga, seperti semut. Ia dapat memberi perintah kepada hewan-hewan ini seperti ratu koloni mereka, sehingga mereka dapat membantunya menangani kejahatan. Helm ini juga dilengkapi dengan sistem pengeras suara, hingga penggunanya tetap dapat didengar oleh orang normal walau sedang berukuran mini. Pengguna Pym Particle juga masih memiliki kekuatan fisik mereka dalam ukuran normal, sehingga mereka masih bisa memberikan hantaman yang menyakitkan dan mengangkat obyek yang melebihi ukuran tubuh mereka. (tom)