Paranormal Activity (sharetu.com)

Banyak orang yang menganggap bahwa kesuksesan dan kualitas cerita film yang bagus dilandasi oleh faktor biaya pembuatan film itu sendiri.

Namun, hal itu justru tak berlaku bagi kelima film berikut. Nyatanya, film-film di bawah ini malah membuat filmnya dengan biaya yang cenderung rendah. Meski berbudget kecil, film-film ini justru menarik animo publik dan menjadikannya laris manis dipasaran. Oleh karena itu, pendapatan dari film-film ini pun tergolong fantastis.

Inilah 5 film berbudget kecil yang meraup pendapatan besar versi JadiBerita.

1. Paranormal Activity

Paranormal Activity (sharetu.com)
Paranormal Activity (sharetu.com)

Paranormal Activity ini ternyata memiliki budget rendah loh dalam pembuatan filmnya. Film bergenre horor ini hanya menggelontorkan dana sebesar USD 15.000 (Rp 142 Juta). Meski alur ceritanya agak sedikit membingungkan, namun film ini termasuk laris manis di pasaran. Tak heran jika Paranormal Activity meraup pendapatan fantastis sebesar USD 194 Juta (Rp 1,83 Trilyun). Film ini bercerita mengenai keluarga yang huniannya berhantu. Demi membuktikan keberadaan hantu itu, mereka memasang beberapa CCTV dirumah tersebut.

2. The Blair Witch Project

The Blair Witch Project  (blurppy.com)
The Blair Witch Project (blurppy.com)

The Blair Witch Project juga menjadi film berbudget kecil namun berhasil meraup pendapatan besar. The Blair Witch Project sendiri bercerita tentang tiga mahasiswa yang membuat film documenter tentang Blair Witch (penyihir) di Black Hills Burkittsville, Maryland pada tahun 1994. Film ini menggelontorkan dana USD 35 Ribu (Rp 331 Juta). Tetapi, pendapatan dari film ini begitu tinggi yakni USD 248 Juta (Rp 2,35 Trilyun).

3. Pi

Pi (tearaway.co.nz)
Pi (tearaway.co.nz)

Posisi ketiga, Pi masuk dalam daftar film berbudget kecil yang berhasil memperoleh pendapatan besar. Pi mengangkat cerita mengenai ahli matematika pintar yang meyakini bahwa segala hal bisa dipahami lewat angka-angka yang membentuk suatu pola dengan bantuan komputer miliknya. Film ini hanya menggelontorkan biaya USD 60 (Rp 568 Juta), tetapi Pi sukses membukukan pendapatan senilai USD 3,216,970 (Rp 30 Milyar).

4. El Mariachi

El Mariachi (theprairiegeek.tumblr.com)
El Mariachi (theprairiegeek.tumblr.com)

Dengan menghabiskan dana rendah sebesar USD 7.000 (Rp 66 Juta), El Mariachi berhasil menjadi film yang mampu meraup pendapatan fantastis yakni USD 2,040,920 (Rp 19,3 Milyar). Awalnya, El Mariachi hanya dibuat untuk video saja, namun karena jalan ceritanya menarik, Columbia Pictures pun tertarik memasarkan film arahan Robert Rodriguez ini. Bahkan, film ini memiliki dua sekuel yang dimainkan oleh Salma Hayek serta Antonio Banderas.

5. Clerks

Clerks (www.rottentomatoes.com)
Clerks (www.rottentomatoes.com)

Film komedi berjudul Clerks juga berhasil mencatatkan diri sebagai film berbudget kecil namun punya pendapatan besar. Kevin Smith memproduksi film ini pada tahun 1994 silam. Ini adalah film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan Smith yang pernah berprofesi sebagai karyawan toko. Clerks hanya menggelontorkan biaya USD 27.575 (Rp 261 Juta). Tetapi, film ini dapat meraup pendapatan USD $3,151,130 (Rp 30 Milyar).

(nha)