Menjalani sebuah pekerjaan ataupun bisnis sampingan adalah salah satu cara bagaimana memenuhi kebutuhan yang semakin hari semakin meningkat. Meski begitu, hal ini di lakukan memang bukan semata-mata sekedar memenuhi kebutuhan saja. Di luar sana, tak sedikit juga yang mengaitkan pekerjaan sampingan untuk tabungan masa depannya kelak. Dilansir dari Merdekacom, Rabu (29/7/2015), berikut adalah 5 kerja sambilan tapi dibayar mahal.

1. Penulis buku

Ilustrasi penulis (Kaskus)
Ilustrasi penulis (Kaskus)

Menjadi seorang penulis, khususnya, penulis buku atau artikel, bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan yang tak sedikit. Alasannya adalah jika novel atau buku atau artikel Anda banyak dibeli atau dibaca, pasti hal itu akan mendapatkan uang yang banyak. Setidaknya, kamu bisa mendapatkan uang sekitar USD 17 (sekitar Rp 221 ribu) per jamnya.

2. Pembuat aplikasi

Membuat aplikasi (Kaskus)
Membuat aplikasi (Kaskus)

Sejatinya, profesi yang satu ini banyak diimpikan bagi mereka yang handal dalam bidang teknologi. Berbagai aplikasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, tentunya dapat dibuat. Umumnya, aplikasi seperti permainan di gadget paling banyak meraup keuntungan. Kamu bisa mendapatkan penghasilan sebesar USD 30 (sekitar Rp 390 ribu) per jamnya dengan menjadi pembuat aplikasi.

3. Fotografer

Fotografer (Kaskus)
Fotografer (Kaskus)

Jika kamu gemar foto-foto, ini merupakan salah satu usaha sampingan yang terbilang cukup menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan uang sebesar USD 20 (sekitar Rp 260 ribu) per jamnya, terutama jika kamu sudah terbilang mahir dalam bidang fotografi.

4. Penerjemah

Ilustrasi penerjemah (Kaskus)
Ilustrasi penerjemah (Kaskus)

Pekerjaan sampingan lainnya yang dapat memenuhi saku kamu adalah bekerja sebagai penerjemah bahasa asing. Namun pekerjaan ini bisa dibilang tidak mudah. Namun jika kamu sudah menguasai beberapa bahasa asing, kamu bisa dengan mudah mendapatkan upah sebesar USD 25 (sekitar Rp 325 ribu) per jam.

5. Konsultan

Ilustrasi konsultan (Kaskus)
Ilustrasi konsultan (Kaskus)

Sebagai profesional yang telah lama berada dalam satu bidang tertentu, maka pengetahuan yang kamu miliki dapat menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup tinggi. Caranya adalah dengan menjadi seorang konsultan. Upah yang didapatkan tidak sedikit. Setidaknya, USD 21 (sekitar Rp 273 ribu) per jamnya bisa didapat dengan menjadi konsultan bisa di raih. (tom)