Pernahkah kamu diputusin sama doi secara tiba-tiba? Kalau iya, pasti kamu awalnya bingung kenapa dia bisa sampai memutuskan jalinan cinta antara kamu dan dia.

Kalau sudah begini, pasti yang dirasa cuma sedih, galau, dan ujung-ujungnya sakit hati. Come on guys, jangan berlama-lama terpuruk. Kamu harus bisa bangkit dari situasi ini.

Lantas, gimana caranya? Tenang saja, JadiBerita akan memberi solusinya. Langsung saja yuk, simak ulasan 5 kiat usir patah hati usai diputuskan doi secara tiba-tiba.

1. Putus Komunikasi

Putuskan komunikasi dengan mantan (getty)
Putuskan komunikasi dengan mantan (getty)

Saat kamu diputusin pacarmu secara tiba-tiba, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan menghubunginya dalam bentuk sms, telpon maupun chating. Hal ini ditempuh agar kamu tak merasakan sakit hati mendalam karena sudah disia-siakan olehnya. Lagi pula, kalau kamu menghubungi mantan, yang ada kamu susah untuk move on.

2. Jauhi Media Sosial

Jauhi sosial media agar tak larut sedih (photograph)
Jauhi sosial media agar tak larut sedih (photograph)

Zaman sekarang, setiap pasangan pasti punya dan menggunakan media sosial untuk membuat status tentang kejadian apapun yang terjadi. Dalam kondisi seperti ini, kamu harus bisa menjauhi media sosial. Kenapa? Ya, karena kalau kamu masih main sosial media entah itu Facebook, Twitter, Path, atau Instagram, yang ada kamu malah melihat status doi dan ujung-ujungnya menstalking akun doi. Kalau sudah begitu, pasti kamu akan keingat lagi sama dia.

3. Curhat dengan Bijak

Curhat dengan sahabat agar lebih tenang (pinterest)
Curhat dengan sahabat agar lebih tenang (pinterest)

Sahabat memang menjadi obat penenang saat kamu sedang sedih atau galau. Jika kamu merasa kesepian atau stres gara-gara tak terima diputuskan doi, cobalah kamu undang sahabat terbaikmu untuk mendengarkan keluh kesahmu. Ceritakanlah semua masalah percintaanmu dengan teman yang kira-kira bisa mengerti keadaan kamu dan memberi saran agar kamu tak berlarut dalam kesedihan. Selain itu, mintalah nasehat kepada sahabatmu agar kamu segera move on dari sang mantan.

4. Waspada dengan Perasaan Cemas yang Berlebihan

jangan cemas (bbc)
jangan cemas (bbc)

Umumnya, ketika seseorang mengalami fase putus cinta, mereka cenderung punya sifat cemas. Kecemasan itu timbul dari rasa kesepian lantaran sudah tak ada lagi yang menemaninya. Kamu harus segera bangkit dan yakinkan dirimu bahwa kamu tak sendiri di dunia ini. Sebab, kamu masih punya orang-orang yang menyayangimu seperti orangtua, kakak, adik, dan para sahabatmu yang selalu ada dalam suka maupun duka.

5. Jangan Buru-buru Punya Pacar

jangan buru-buru cari pacar lagi (photograph)
jangan buru-buru cari pacar lagi (photograph)

Terakhir, cobalah kamu untuk menahan diri agar tak cepat-cepat mencari pacar pasca kamu diputusin doi. Sebab, jika kamu terburu-buru mencari pacar saat perasaan dan emosi kamu kurang stabil, yang ada doi malah dijadikan pelampiasan saja. Apalagi, kamu berpacaran dengan orang yang tak kamu cintai. Itu sama saja membohongi diri kamu sendiri lho. Jangan takut jomblo, karena jodoh akan datang kalau sudah waktunya.

(nha)