Snorkeling bersama ikan
Pesona Pantai Nglambor
Pesona Pantai Nglambor

Jogjakarta yang dikenal sebagai kotanya para pelajar memiliki beragam lokasi wisata, mulai wisata budaya, wisata kuliner, wisata belanja termasuk wisata alamnya. Masih mengulas indahnya pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta, kini ada lokasi yang pas untuk aden dan enon nyoba olahraga air yaitu snorkeling. Lokasinya yang berbatasan langsung denan Samudera Hindia membuat pantai di kawasan Jogja ini memiliki karakter ombah yang lumayan besar dan tinggi loh. Nah maka dari itu kebanyakan pantai memasang papan larangan berenang di laut, bahkan untuk sekedar mandi dan bermain dengan ombak hanya dapat di lakukan di pesisir pantai yang dangkal. Maka dari itu wisatawan tidak dapat mencoba sensasi snorkeling.

Penyu di Pantai Nglambor
Penyu di Pantai Nglambor

Tapi ternyata dari sederetan pantai â?? pantai berombak besar itu, ada pantai tersembunyi yang berair dangkal dan tenang. Jadi bisa dipastikan cocok untuk tempat berenang sekaligus melakukan snorkeling. Pantai yang istimewa ini disebut Pantai Nglambor. Bentuknya berupa teluk kecil yang berada diantara dua bukit. Pantai yang belum lama tenar ini masih alami dan bersih dari sampah.

Akses Menuju Lokasi

Posisinya yang tersembunyi membuat pantai yang satu ini jarang dikunjungi wisatawan, namun disitulah letak keseruannya. Pasti aden dan enon juga pengen kan main kesini? Pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Bila ditempuh dari Jogjakarta maka jaraknya sekitar 70 km sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Papan petunjuk arah
Papan petunjuk arah

Setelah memasuki gerbang retribusi dengan biaya 5000 Rupiah. Pantai yang diapit oleh Pantai Jogan dan Pantai Siung ini masih alami bahkan jalanan menuju lokasinya saja berupa bebatuan. Jadi buat kalian yang pengen kemari, hati â?? hati ya naik kendaraannya karena turunan menuju Pantai Nglambor lumayan curam.

Memasuki kawasan Pantai Nglambor
Memasuki kawasan Pantai Nglambor

Pesona Pantai Nglambor

Setelah sampai di lokasi kami takjub dengan adanya kura â?? kura raksasa penjaga Pantai Nglambor. Jika diamati satu bukit kura â?? kura tampak menuju ketepian dan yang lainnya ingin pergi ke laut. Hadirnya kedua bukit tersebut sebagai peredam besarnya ombak dari laut selatan. Maka dari itu di Pantai yang satu ini ombaknya lumayan tenang, tak hanya itu saja tapi disini banyak terumbu karang cantik dilengkapi dengan biota laut yang masih hidup seolah menyambut kedatangan kami disini.

Pemandangan Pantai Nglambor
Pemandangan Pantai Nglambor

Dari tebing sebelah barat terdengar gemericik air yang berasal dari batuan tebing. Air inilah yang dimanfaatkan warga setempat untuk aktifitas memasak, mencucui dan mengairi ladang. Oleh karena itu sebagai pengunjung hendaknya kita tidak mengotori atau merusak sumber air tersebut.

Kura - kura penjaga Pantai Nglambor
Kura – kura penjaga Pantai Nglambor

Menjadi tempat snorkeling dan konservasi laut

Pantai Nglambor termasuk kawasan konservasi laut, maka dari itu sebagai pengunjung hendaknya kita bantu Kura â?? kura raksasa untuk menjaga ekosistem dengan menjaga kebersihan pantai, melindungi biota lautnya dan menjaga terumbu karang.

Terumbu karang Pantai Nglambor
Terumbu karang Pantai Nglambor

Berhubung lokasi ini termasuk tempat strategis melakukan snorkeling maka hindari juga menginjak terumbu karang yang cantik, mengambil sekaligus membawa biota laut disini juga dilarang keras ya gaes. Cukup dengan melakukan snorkeling kita tahu bahwa kehidupan laut sangatlah indah, maka biarkan mereka hidup dialamnya. Ohya lokasi ini menjadi tempat favorit melakukan pemotretan, prawedding dan foto underwater juga loh. Seru banget kan? (jow)

Snorkeling bersama ikan
Snorkeling bersama ikan