Efek Pakai Gadget (wikipedia.org)

Semakin canggihnya teknologi tanpa disadari membuat kita tidak bisa jauh dari berbagai benda berbau teknologi. Berlebihan atau tidak, tetapi nyatanya kita hampir tidak bisa melewatkan menit tanpa gadget kesayangan kita. Kebutuhan memiliki gadget sudah berubah, yang awalnya hanya sebagai kebutuhan tersier, kini menjadi kebutuhan primer. Bagi kamu yang sering menggunakan gadget untuk berbagai aktivitasmu, perhatikan efek samping yang akan JadiBerita bocorkan ini ya. Apakah kamu sudah terkena efeknya? Check this out¸ guys!

1. Mengganggu kesehatan

Radiasi ponsel mengganggu kesehatan (motherjones.com)

Sadar atau tidak, sering memainkan gadget dapat mengganggu kesehatanmu lho. Radiasi sangat berbahaya bagi tubuhmu karena bisa memicu berbagai penyakit menyeramkan. World Health Organization (WHO) mengungkapkan radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Para peneliti di Yale University juga mengungkapkan bahaya radiasi ponsel bagi ibu hamil. Para pakar di pusat kesehatan Cleveland Clinic, Amerika Serikat memaparkan, produksi sperma pada pria terpengaruh oleh frekuensi pemakaian ponsel. Selain itu, menggunakan gadget dalam frekeuensi yang banyak juga dapat mengganggu kesehatan mata. JadiBerita menyarankan jarak aman menggunakan ponsel adalah 30 cm dan jangan menggunakan teks kecil ya guys.

2. Individualis

Daripada main gadget, mending tambah pahala (blogspot.com)

Bukan hal yang baru kalau sekarang banyak muda-mudi yang berubah menjadi sosok yang individualis karena terlalu asik dengan gadget mereka. Lihat saja kalau di treansportasi umum, ada seorang anak muda yang asik duduk sambil memainkan gadget padahal di hadapannya ada seorang nenek yang sudah renta.

3. Memicu perilaku seks

Awas salah pergaulan karena penggunaan gadget berlebihan (imagestocks.in)

Siapa sangka ternyata penggunaan gadget yang berlebihan dapat memicu perilaku seks seseorang? Peneliti dari University of Southern California di Los Angeles, AS, melakukan riset untuk mengetahui sejauh mana penggunaan ponsel pintar di kalangan remaja memengaruhi perilaku seksual. Rice bersama timnya mengkaji data survei Centers for Disease Control and Prevention (CDC)  pada 2011 yang melibatkan 1.800 pelajar di Los Angeles berusia 12-18. Dalam riset terungkap, sekitar sepertiga pelajar menggunakan ponsel pintar yang terhubung langsung ke dunia maya, dan sekitar separuh anak-anak mengaku bahwa mereka aktif secara seksual. Riset juga mengungkapkan, 5 persen pelajar SMA menggunakan internet untuk mencari pasangan, dan satu di antara 4 pelajar merambah dunia untuk mendapatkan seks. Mereka yang melakukan pendekatan atau mencari pasangan seks secara onlinesecara signifikan cenderung melakukan hubungan seks dengan pasangan yang dikenalnya di internet. Hiiii, mengerikan ya.

4. Ketergantungan

Yang dilihat gadget terus (sheknows.com)

Pernahkah suatu hari kamu lupa membawa gadgetmu ketika pergi keluar rumah selama seharian? Bagaimana reaksimu? Kalau kamu pusing setengah mati dan langsung untuk memutuskan kembali ke rumah detik itu juga berarti ada kemungkinan kamu sudah memiliki ketergantungan dengan gadget. Apalagi kalau sampai tiap kali bangun tidur kamu langsung mengecek ponselmu.

5. Menjauhkan yang dekat

Pada sibuk sendiri-sendiri nih karena gadget (huffpost.com)

Kalau yang satu ini kamu sudah tau pasti, bukan rahasia umum lagi bahwa memang benar adanya gadget menjauhkan yang dekat, meskipun mendekatkan yang jauh. Sebagai seorang yang bijak, coba letakan penggunaan gadgetmu dalam porsi yang tepat.

(anb)