lomba makan kerupuk (flickr)

Tinggal enam hari lagi, bangsa kita akan memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Hari Kemerdekaan Indonesia dikenal sebagai 17 Agustus. Pada hari itu, semua rakyat merayakannya dengan mengikuti lomba-lomba yang digelar lingkungan sekitar.

Lomba yang digelar pun beraneka macam. Dalam lomba 17 Agustusan itu, terdapat berbagai hadiah menarik untuk para pemenang. Di antara banyak lomba, hanya ada 5 lomba yang paling disukai rakyat Indonesia. Inilah 5 lomba 17 Agustusan yang digemari masyarakat versi JadiBerita.

1. Makan Kerupuk

lomba makan kerupuk (flickr)
lomba makan kerupuk (flickr)

Peringatan 17 Agustus kurang lengkap jika tak menampilkan lomba makan kerupuk. Selain seru, lomba ini adalah lomba favorit masyarakat Indonesia. Dalam lomba ini, kamu akan dikumpulkan dengan beberapa orang untuk menghabiskan satu buah kerupuk yang digantung pakai tali. Tugasmu hanya menghabiskan kerupuk itu secara cepat.

2. Balap Karung

Lomba Balap Karung (ciricara)
Lomba Balap Karung (ciricara)

Yang ini juga termasuk lomba paling digemari masyarakat. Yup, apa lagi kalau bukan balap karung. Kamu harus memakai karung dan melompat untuk mencapai titik finish. Lomba ini bisa diikuti cewek atau cowok. Asal, mereka bisa melompat dengan cepat tanpa jatuh apalagi karungnya copot dari kaki.

3. Panjat Pinang

Lomba Panjat Pinang (tempo)
Lomba Panjat Pinang (tempo)

Kalau yang ini sih biasanya diikuti kaum cowok. Maklum, panjat pinang cukup sulit untuk dilakukan. Kamu harus bekerjasama dengan sejumlah orang untuk bisa naik atau manjat ke atas pohon pinang. Di atas pinang itu sendiri sudah disiapkan berbagai hadiah menarik, seperti sepeda roda dua, televisi, alat memasak, dan masih banyak lagi.

4. Gigit Sendok Isi Kelereng

Lomba gigit gundu (blogpspot)
Lomba gigit sendok isi kelereng (blogpspot)

Gigit sendok isi kelereng atau gundu juga menjadi lomba yang paling ditunggu-tunggu saat tujuh belasan. Lomba ini kerap diikuti oleh anak-anak kecil. Permainan ini tergolong agak sulit karena kamu harus seimbang menggigit sendok isi kelereng sambil berjalan menuju garis finish. Peraturannya tidak boleh jatuh si gundu itu dari sendok. Kalau jatuh, kamu dinyatakan gugur alias kalah.

5. Tarik Tambang

lomba tarik tambang (tempo)
lomba tarik tambang (tempo)

Terakhir, tarik tambang juga masuk sebagai daftar lomba yang digemari rakyat Indonesia. Lomba ini memerlukan beberapa orang untuk menarik tambang dari kubu lawan. Yang ikut lomba tarik tambang ini harus orang-orang kuat. Kadang-kadang, tangan bisa merah karena terlalu mengeluarkan tenaga dalam menarik tambang.

(nha)