Ini Gunung-Gunung untuk Kamu Merayakan Hari Kemerdekaan RI

Liburan panjang sudah di depan mata tapi kamu tidak tahu ingin ke mana? Sehubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, mendaki gunung dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan kamu bersama teman-teman. Kenapa harus mendaki gunung? Biasanya, setiap hari kemerdekaan, selalu ada acara perayaan pengibaran bendera merah putih di puncak gunung tersebut. Kamu pasti tidak mau melewatkan moment berharga yang hanya datang satu kali dalam setahun ini bukan? Dilansir dari tribunnews, ada tiga gunung yang direkomendasikan untuk didaki pada liburan akhir pekan panjang yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70. Berikut tiga gunung tersebut:

1. Gunung Merbabu

mendaki gunung merbabu (oediku.wordpress.com)
mendaki gunung merbabu (oediku.wordpress.com)

Memiliki dua padang savana yang dapat dijadikan tempat berkemah, Gunung Merbabu dapat masuk ke dalam pilihan gunung yang didaki. Gunung Merbabu dapat didaki melalui empat jalur yaitu Selo, Thekelan, Cunthel, dan Wekas. Gunung yang berketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki tiga puncak yang bernama Puncak Syarif, Triangulasi, dan Merbabu.

2. Gunung Prau

gunung prau (arifinbradd.wordpress.com)
gunung prau (arifinbradd.wordpress.com)

Keunikan gunung yang terletak di Dataran Tinggi Dieng ini adalah memiliki medan yang berbukit-bukit di dekat area puncak. Para pendaki kerap menyebut dengan Bukit Teletubbies. Gunung yang berketinggian 2.565 mdpl ini dapat menjadi pilihan tempat untuk mendaki karena jalur pendakian tidak terlalu ekstrim. Dari area puncak, dapat terlihat jajaran gunung-gunung seperti Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Slamet. Gunung Prau dapat didaki melalui jalur Patak Banteng dan Dieng dan dimulai dari ketinggian 1.700 mdpl.

3. Gunung Lawu

Gunung lawu (jumpingrooftops.blogspot.com)
Gunung lawu (jumpingrooftops.blogspot.com)

Terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Jika ingin mendaki Gunung Lawu, pendaki dapat melalui jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Gunung Lawu memiliki puncak yang bernama Hargo Dumilah. Dari puncak, pendaki dapat melihat pemandangan Gunug Wilis, Semeru, Arjuno, Merapi, dan Merbabu.

 

Nah, kamu tinggal pilih mau mendaki gunung yang mana saat liburan panjang kali ini? Ingat kalau mau mendaki gunung maka persiapan fisik kamu harus kuat yah guys! Jangan sampai kelelahan sehingga tidak bisa mendaki hingga ke puncak

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...