(Taman Mangrove/jadiberita.com)

Udara di Jakarta sudah tak sesegar dulu. Mungkin ungkapan itu benar adanya. Tapi masih ada spot udara segar di Ibukota yang layak untuk dinikmati sebagai objek wisata. Yakni Taman Wisata Alam Mangrove Hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Pada mulanya kawasan hutan mangrove Angke Kapuk ini dikukuhkan sebagai Cagar Alam sejak tahun 1939 dengan luas 1.114 ha pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Pada masa itu, kawasan ini sudah dirancang sebagai daerah penyangga lahan basah untuk menampung masa air pada saat pasang besar dan banjir. Namun dalam perkembangannya, kawasan mangrove Angke Kapuk banyak dikonversi menjadi peruntukan lain seperti, pemukiman, tambak terbuka, jalur jalan tol Cengkareng dan lapangan golf pantai indah kapuk.

Taman Mangrove (jadiberita.com)
Taman Mangrove (jadiberita.com)

Oleh karena itu, seperti dimuat Hutanmangrovejakarta.com, kawasan ekowisata ini ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap. Menipisnya ekosistem mangrove menjadi perhatian serius pemerintah, karena mangrove memainkan peran penting dalam pengendali banjir pasang musiman (saat air laut pasang pada musim hujan) dan sebagai pelindung wilayah pesisir.

Di kawasan ini, kamu dapat menikmati perjalanan wisata mangrove ke area alami untuk mempelajari, mengagumi dan menikmati pemandangan alamnya yang indah dengan flora faunanya yang menarik. Letak tempat ini cukup strategis karena berada di Pusat Ibukota Negara yang dilalui oleh jalan tol menuju arah Bandara Soekarno Hatta dan merupakan satu satunya mangrove dunia yang berada Ibukota Provinsi. Wow! Keren ya…

Yup, kali ini jadiBerita.com ingin ajak kamu keliling taman mangrove ini. Bagi yang ingin menuju ke tempat ini, kamu bisa naik motor, bawa mobil atau pun naik angkutan umum. Untuk yang membawa kendaraan pribadi, kami cukup datang ke kawasan Pantai Indah Kapuk. Lokasinya tak begitu sulit untuk ditemukan. Kamu bisa bertanya ke orang sekitar. Dengan angkutan pribadi, waktu tempuh dari Blok M sekitar setengah jam jika tidak macet. Dan 1-2 jam jika sangat macet.

Taman Mangrove (jadiberita.com)
Taman Mangrove (jadiberita.com)

Dan bagi yang naik angkutan umum, menurut salah satu penulis di Kompasiana, kamu bisa naik bus Transjakarta dari Blok M menuju Kota dengan waktu tempuh 1-2 jam, tergantung kepadatan jalan. Kemudian sambung ke angkutan BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) dengan lama perjalanan sekitar 30-45 menit. Kamu turun di Sekolah Budha Tzu Chi. Ongkos bus Transjakarta Rp 3.500 dan BKTB Rp 6.000. BKTB menuju Pantai Indah Kapuk ini merupakan salah satu angkutan yang cukup jarang ditemui. Jadi, untuk naik Bus ini, kamu harus menanti dengan sabar dan penuh keikhlasan. Percayalah, bahwa selama apapun menunggu bus ini, BKTB jauh lebih baik daripada kamu mencoba naik angkutan lain. Selain karena jarak tempuhnya yang cukup jauh, besar kemungkinan kamu tersesat dan tak tahu arah jalan pulang (alaaaah.. butiran debu kali ah) atau Anda sampai ke tujuan dengan kondisi kepanasan, kelelahan, atau tidak ‘kece’ lagi.

Untuk masuk ke Taman Wisata Alam ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 25 ribu per orang. Untuk anak-anak dikenakan Rp 15 ribu dan turis Rp 250 ribu. Masuk motor dikenakan Rp 5 ribu, mobil Rp 10 ribu, dan bus Rp 15 ribu. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi pihak pengelola melalui Telp. 021-2903 3066/0815 8030 933/0819 3225 4370. Fax. 021-2903 3077. Email : twaangkekapuk@yahoo.com. Website : www.jakartamangrove-resort.com

Taman Mangrove (jadiberita.com)
Taman Mangrove (jadiberita.com)

Oke, setelah kamu masuk ke lokasi wisata ini, ada berbagai spot yang bisa kamu kunjungi, dari mulai jembatan gantung yang hanya bisa dilewati maksimal empat orang, rumah panggung, hutan bakau, dan pesisir laut. Selain menikmati pemandangan hutan bakau di atas rumah panggung, kamu juga bisa menghirup udara segar dan angin sepoi-sepoi di sana. Namun bagi kamu yang suka berfoto, kamera dilarang dibawa masuk. Tapi tenang, ponsel dengan kamera berkualitas bagus tetap boleh dibawa.

Lokasi ini juga pas untuk dijadikan tempat foto prewedding lantaran banyak spot yang indah untuk dijadikan momen mesra. Sebagian besar pengunjung yang datang adalah anak muda. Hanya ada beberapa orangtua dan anak. Jika lapar, kamu bisa datang ke kantin taman mangrove ini dengan bentuk meja yang khas dibuat dari anyaman kayu. Tapi jangan kaget, harganya makanannya cukup mahal. Harga satu cup popmie sekitar Rp 10-15 ribu dan minuman botol sekitar Rp 5-10 ribu.

Taman Mangrove (jadiberita.com)
Taman Mangrove (jadiberita.com)

Perjalanan wisata di Utara Jakarta termasuk murah. Sebab total budget yang kamu perlu siapkan untuk menikmati Taman Wisata Alam Mangrove ini hanya sekitar Rp 50-100 ribu, dari mulai transportasi hingga tiket dan makan.

Tips:

1. Pakai baju yang anti-gerah
2. Pakai topi lantaran matahari begitu terik
3. Bawa kacamata untuk menghindari silaunya sengatan Matahari
4. Bawa makanan dari rumah lebih baik, atau membeli camilan di market di luar
5. Persiapkan fisik lantaran perjalanan untuk mengitari seluruh spot lumayan jauh

Taman Mangrove (jadiberita.com)
Taman Mangrove (jadiberita.com)

(rei)