5 Lagu Wajib yang Bisa Bangkitkan Nasionalisme

Para pemuda, terutama pemuda generasi saat ini sudah mulai hilang semangat nasionalismenya. Untuk itu diperlukan cara agar semangat nasionalisme di dalam diri pemuda bisa kembali bangkit. Caranya adalah dengan mendengarkan dan mencerna lirik demi lirik yang ada di dalam lagu wajib. Dilansir dari Top10indocom, Selasa (18/8/2015), berikut adalah 5 lagu wajib yang bisa bangkitkan semangat nasionalisme.

1. Garuda Pancasila

“Garuda Pancasila” adalah lagu yang pertama kali diputar setiap hari saat beberapa stasiun televisi seperti TVRI hendak mengawali program siarannya. Lagu berirama penuh semangat ini memang sangat cocok untuk mengawali hari. Begitu mendengarkannya, kita menjadi lebih berenergi untuk bekerja, berkarya, dan belajar. Lagu ini seolah ingin menunjukkan keperkasaan Indonesia yang mengusung Burung Garuda sebagai lambang dan Pancasila sebagai dasar negara.

2. Berkibarlah Benderaku

Lagu “Berkibarlah Benderaku” menunjukkan kebanggaan rakyat Indonesia tentang berhasilnya Sang Merah Putih berkibar dengan gagah di bumi nusantara. Perlu diingat, untuk mengibarkan bendera Indonesia diperlukan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan.

3. Tanah Airku

Lagu ciptaan Ibu Soed ini sangat sering dimainkan di acara-acara resmi kedutaan Indonesia di luar negeri, dan pasti banyak ditemui diplomat-diplomat maupun warga Indonesia yang tinggal di negara asing menitikkan air mata begitu mendengarkan lagu ini. Lagu ini memiliki tempo yang cenderung lebih lambat dari kebanyakan lagu nasional, namun memiliki makna yang sangat dalam.

4. Indonesia Pusaka

Lagu “Indonesia Pusaka” yang diciptakan oleh Ismail Marzuki ini mempunyai unsur yang sangat komplit. Liriknya sangat indah, musikalitasnya luar biasa, dan maknanya sangat mendalam. Mendengarnya membuat kita makin mencintai tanah pertiwi.

5. Indonesia Raya

Lagu yang bisa membuat semangat nasionalisme kita bangkit tentu saja lagu kebangsaan kita sendiri, yaitu “Indonesia Raya”. Mendengarkan lagu “Indonesia Raya” membuat perasaan dalam diri kita seolah bercampur aduk. Ada rasa bangga, haru, senang, sedih, dan tentram. Lebih bangga lagi, lagu “Indonesia Raya” merupakan salah satu dari lagu kebangsaan terbaik di dunia. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Aulia Ananditia Puteri Bawa Sambal Goreng Ati Hingga Hungaria

Hormat Ala Para Wapres RI Saat Lagu Indonesia Raya