Kemeriahan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang diperingati tiap tanggal 17 Agustus dan jatuh pada Senin kemarin sepertinya masih belum surut. Berbagai macam cara dilakukan untuk merayakan kemerdekaan RI yang ke-70 ini. Salah satu yang unik dilakukan oleh Paviliun Indonesia dalam ajang Milan Expo 2015, Italia.

Dalam acara bertajuk “Marvelous 70”, Paviliun Indonesia menarik perhatian dengan membuat sebuah tumpeng raksasa. Dengan tinggi 2,08 meter dan berat keseluruhan 1.400 kg, tumpeng tersebut berhasil meraih penghargaan Guiness World Record (GWR) sebagai “The Largest Tumpeng” atau “Tumpeng Terbesar di Dunia”.

Tumpeng terbesar di dunia (JPNN)
Tumpeng terbesar di dunia (JPNN)

â??Tema peringatan 17 Agustus di Milan The Marvelous 70 menjadi tema seluruh keluarga besar AGN yakni sebagai bentuk puji dan syukur atas 70 tahun kemerdekaan yang telah dinikmati oleh Republik Indonesia,â? kata Ketua Harian Artha Graha Peduli Indra S Budianto, seperti dilansir dari Sinarharapanco, Rabu (19/8/2015).

Untuk semakin memperkuat “rasa” 17 Agustus 1945, tumpeng raksasa tersebut dilengkapi dengan 17 macam lauk pauk, 8 tingkat tumpeng, serta 45 tumpeng kecil yang mengelilingi tumpeng utama. Logo Garuda terpasang dengan mantap ditengah-tengah tumpeng, sementara bendera merah putih kecil dipasang di atas setiap pucuk tumpeng.

â??Untuk berasnya saja, kami menghabiskan 600 kilogram,â? ucap Kepala Koki Paviliun Indonesia, I Made Shandy.

Juri Guinness World Record Lorenzo Veltri mengatakan, tumpeng yang dibuat oleh Artha Graha Peduli (AGP) untuk paviliun Indonesia adalah makanan tradisional tertinggi yang ada di World Expo Milano 2015. â??Ini hebat,â? ujarnya usai menyerahkan piagam Guinness World Record kepada Paviliun Indonesia.

Lorenzo mengapresiasi inisiatif Indonesia untuk memecahkan rekor dengan makanan tradisional. Sebelumnya, pada ajang World Expo Milano 2015 juga sudah ada pemecahan rekor dunia berupa pizza yang dijajar sepanjang 1,5 kilometer. â??Selamat buat Indonesia,â? katanya.

Selain penghargaan dari Guinnes World Record, tumpeng di Paviliun Indonesia juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pimpinan Jaya Suprana, sebagai Tumpeng Terbesar yang Dibuat di Luar Negeri. (tom)