5 Permainan Luar Negeri dengan Tema Indonesia


Pernah memainkan permainan yang bernama ular tangga atau Monopoli? Di negara lain, permainan semacam itu disebut dengan Board Game. Board Game sudah dibuat sekitar tahun 1990-an dan memang tumbuh dan berkembang pesat di Eropa, terutama di Jerman. Setiap tahun banyak bermunculan Board Game baru dari Jerman atau negara lain. Di antara semua board game yang telah dibuat, ada 5 board game yang bertemakan Indonesia. Berikut kelima Board Gamenya, seperti dilansir dari Boardgameid, Selasa (25/8/2015).

1. Java

Board Game Java (Boardgame)
Board Game Java (Boardgame)

Pembuat board game Java adalah Michael Kiesling & Wolfgang Kramer yang keduanya merupakan orang Jerman. Board game ini dibuat pada tahun 2000. Pulau Jawa terkenal dengan tanahnya yang subur, oleh karena itu pemain di permainan ini akan membuat irigasi lalu membajak sawah. Kemudian pemain juga berlomba membuat desa. Pemain dengan peradaban paling maju yang jadi pemenang.

2. Bali

Board Game Bali (Boardgame)
Board Game Bali (Boardgame)

Bali diciptakan pada tahun 2001 oleh Uwe Rosenberg yang juga orang Jerman. Menceritakan tentang dalang wewayangan yang akan berpetualang dari satu pulau ke pulau lain (tapi ternyata malah tidak ada pulau Bali sama sekali). Dalang akan menantang dalang lain di suatu pulau. Jika ia paling sukses menebar wewayangan maka dialah yang memenangkan permainan.

3. Indonesia

Board Game Indonesia (Boardgame)
Board Game Indonesia (Boardgame)

Indonesia yang merupakan karya Joris Wiersinga, orang Belanda, masuk ke deretan board game paling rumit di dunia. Board game ini dirilis pada tahun 2005. Pemain adalah pedagang yang ditunjuk Sultan dari Solo (mungkin maksudnya Mataram). Di sini para pemain akan memperebutkan komoditi pangan dan juga kapal dengan menguasai pelabuhan. Pemain yang pada akhirya paling kaya adalah pemenangnya.

4. Batavia

Board Game Batavia (Boardgame)
Board Game Batavia (Boardgame)

Board game yang rilis pada tahun 2008 ini mengambil asal nama Jakarta, yaitu Batavia. Batavia dibuat oleh Dan Glimne & Grzegorz Rejchtman yang berasal dari Swedia. Di Batavia, pemain adalah bagian dari kongsi dagang Hindia Timur, yaitu Inggris, Belanda, Swedia, Denmark dan Perancis (Ya, Indonesia tidak termasuk). Pemain harus berlomba untuk mengunjungi setiap Pos Perdagangan milik lawan.

5. Expedition Sumatra

Board Game Expedition Sumatra (Boardgame)
Board Game Expedition Sumatra (Boardgame)

Ekspedisi Sumatra adalah buah karya Jens Jahnke & Britta Stöckmann dari Jerman pada tahun 2010. Board game ini menceritakan pemain sebagai anggota tim dari balai observasi hewan lindung Eropa. Pemain akan menelusuri petak-petak dalam papan yang disimbolkan sebagai hutan-hutan di Sumatra. Tugas pemain adalah menemukan dan membawa keluar hewan-hewan yang terancam punah sebelum diincar oleh pemburu liar. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak