Roti bagelen atau yang lebih dikenal dengan roti garing yang kres kres saat digigit ini merupakan roti yang kerap kali kita temui di sebagian besar pulau Jawa. Roti dengan tekstur renyah ini memiliki citarasa manis yang cocok disantap sebagai teman minum teh saat sore hari.

Roti bagelan terbuat dari bahan utama roti manis yang dibentuk bundar maupun panjang. Roti ini kemudian dibelah menjadi dua dan masing-masing bagian atas roti diberi roemboter dan setelah itu baru dipanggang hingga kering. Roemboter adalah mentega yang berwarna putih yang memiliki aroma wangi yang tajam. Pemberian roemboter ini bukan hanya menjadikan roti bagelan terasa manis, tapi juga aromanya lebih wangi dan menggugah selera.

Roti Bagelen (bandung.panduanwisata.id)
Roti Bagelen (bandung.panduanwisata.id)

Banyak orang yang mengira roti bagelen karena ada ada sebuah sebuah produk dari Belanda yang bernama ‘warmbollen’ atau yang dikenal sebagai ‘bagelen basah’, yang kemudian “dikeringkan” dengan cara dipanggang kembali untuk mencegah jamuran. Oleh karena itu banyak yang mengira roti bagelen berasal dari negeri kincir angin tersebut.

Tapi sebenarnya roti bagelen berasal dari satu daerah di Jawa Tengah. Ada salah satu daerah di Jawa Tengah yang bernama Bagelen. Daerah tersebut tepatnya berada di daerah Purworejo. Disinyalir nama roti bagelen ini berasal dari nama daerah Bagelen. Dulu, di Bagelen banyak sekali pembuat roti kering sehingga roti kering yang marak dijual di sana diberi nama roti Bagelen.

Ada pendapat yang berbeda mengenai asal roti bagelen ini di Indonesia. Ada yang mengatakan kalau roti bagelen ini tidak berasal dari daerah Bagelen tapi dari daerah Kutoarjo. Menurut bungkusnya yang memiliki merek â??Begelen Biscuitâ??, roti bagelen ini sudah ada di Kutoarjo sejak jaman 1906. Pada sampul bungkus ini terdapat gambar wanita â??nyonyaâ?? yang berpakaian ala barat lengkap dengan celemek yang menempel di tubuhnya. Hal ini menguatkan dugaan kalau roti bagelen memang terinspirasi dari kuliner barat alias Belanda.

Roti bagelen menyebar hingga ke Jawa Barat karena ada sebuah pabrik roti yang beroperasi di Garut, Jawa Barat. Pabrik ini memproduksi jenis roti bagelen yang diberi merek â??Abadiâ??. Roti bagelan dari garut ini sudah ada sejak tahun 1947. Pada tahun 1967 pabrik roti bagelen ini pindah ke Bandung dan pada tahun 1969 roti bagelen â??Abadiâ?? membuka toko di jalan Purnawarman, Bandung hingga sekarang.

Roti bagelen kemudian menyebar ke seluruh Indonesia terutama pulau Jawa. Jika kita bepergian ke daerah Jawa, kita pasti akan menemui roti bagelen yang dijual di toko oleh-oleh. Meski asal muasal roti ini masih simpang siur, tapi roti yang tahan lama ini memang cocok dijadikan oleh-oleh setelah bepergian ke pulau Jawa, terutama Jawa Tengah. (jow)