Segera mendapatkan pekerjaan adalah dambaan para fresh graduate. Tidak ingin lama-lama menganggur ketika sudah lulus kuliah karena mengemban gelar besar dan niat besar untuk bisa segera membahagiakan orang-orang terdekat. Tetapi saat ini pada kenyataannya tidak sedikit dari pada fresh graduate yang harus â??relaâ?? menganggur dulu sebelum masa indahnya tiba. Kamu calon fresh graduate? Atau sudah menjadi seorang fresh graduate dan tidak ingin lama-lama menganggur? Simak tips dari JadiBerita berikut ini ya guys!

1. Make a plan

Buat rencanamu setelah itu lakukan (tsjel.edu)

Meskipun masih berada di bangku kuliah, sebagai manusia yang berkeinginan untuk maju tentu kamu harus sudah menyiapkan sebuah perencanaan. Saat ini kamu tahu di jurusan mana kamu berada, maka sebaiknya kamu mulai membidik dengan jelas jenis pekerjaan apa yang inginkan. Selain itu, kamu juga bisa mulai membidik level perusahaan seperti apa yang inginkan. Dengan memiliki perencanaan, maka kamu akan lebih semangat dan termotivasi untuk bergerak maju.

2. Explore kemampuan dan skill

Jangan lupa tingkatkan skillmu (coachvikram.com)

Sudah memiliki perencanaan dan harapan tentang kehidupan masa depanmu yang baik, maka kamu harus melakukan sesuatu yang bisa membantumu menuju ke sana. Dukung kemampuan akademismu dengan berbagai keahlianmu yang lainnya. Kemampuan akademis akan lebih sempurna jika ditunjang dengan kemampuan non-akademismu seperti bagaimana cara berkomunikasi yang baik, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya. Jangan salah juga, membuat slide presentasi yang menarik juga merupakan skill loh. Skill design.

3. Percaya diri

Lakukan yang terbaik dengan percaya diri (careerealism.com)

Percaya diri sangat dibutuhkan untuk menghadapi situasi apapun. Percaya pada kemampuan dan apa yang kamu miliki. Sekalipun kamu bukan seseorang yang â??wahâ??, tetapi kalau kamu memiliki percaya diri yang cukup dan mampu menunjukkan yang kamu miliki, kamu pasti akan mendapatkan kesempatan.

4. Jangan mudah menyerah

Keluar masuk kantor melamar pekerjaan? Jangan menyerah ya (tipskarir.com)

Mereka yang mudah menyerah adalah mereka yang akan terhambat kesuskesannya, mereka terlalu sibuk memikirkan ketakutak-ketakutan akan gagal. Meskipun saatkamu telah mencoba untuk melamar ke berbagai perusahaan demi berbagai jenis pekerjaan dan belum menunjukkan hasil, jangan membuatmu malah mundur dan berdiam diri. Lelah mungkin yang kamu rasakan, tapi bukan lantas membuatmu menyerah begitu saja. Dari sekian banyak pekerjaan pasti ada yang akan mencarimu, guys. Keep fighting!

5. Ciptakan peluang

Jadi pengusaha rumah makan, boleh juga (indonesiayoungenterpreneurs.com)

Jika rasanya kamu sudah benra-benar lelah dan bosan dengan harapan untuk bisa bekerja di tempat orang lain, maka tidak salah jika kamu usaha untuk menciptakan peluangmu sendiri. Bahkan jika kelak kamu bisa membukakan kesempatan bagi orang lain untuk mendapatkan pekerjaan.

(anb)