Mie Unik Asal Indonesia

Mie memang hidangan enak yang cara memasaknya tergolong praktis. Kamu hanya merebus air dan memasukkan mienya dan tunggu hingga matang. Setelah matang, maka mie sudah bisa kamu santap deh.

Berbicara soal mie, mie apa sajakah yang pernah kamu makan? Mie rebus atau mie goreng pasti semua orang sudah pernah bahkan sering mencobanya. Namun, sudahkah kamu menyantap mie-mie unik seperti di bawah ini?

Kenapa dikatakan mie unik? Sebab, penyajian dan tampilan hidangan mie-mie ini berbeda dari mie rebus dan mie goreng pada umumnya. Soal rasa? dijamin enak dong. Tenang saja, mie-mie unik ini dijual di beberapa kota di Indonesia.

Dilansir bacatulisan, inilah 5 hidangan mie unik asal Indonesia yang super enak, Kamis (27/08).

1. Mie Buto Ijo

mie buto ijo (indoturs)
mie buto ijo (indoturs)

Kalau mendengar namanya sih agak sedikit seram ya. Tapi dibalik seraman namanya, Mie Buto Ijo memiliki rasa yang super enak lho. Kenapa dinamai mie buto ijo, karena mie ini berwarna hijau. Warna hijaunya sendiri terbuat dari bahan alami misalnya sayuran. Jadi, mie yang dihargai Rp 7000 ini dipastikan sehat dan aman untuk di makan. Selain khas dengan warna hijau pada mienya, hidangan ini pun sangat pedas. Tingkat pedasnya pun beragam, mulai dari 7 cabai sampai pedas ekstrem dengan 54 cabai. Di Indonesia, mie buto ijo dijual di kota Malang yakni di Jalan Raya Sulfat, Jalan Soekarno-Hatta, dan Jalan Urip Sumoharjo.

2. Mie Serdadu

Mie Serdadu (Halomalang)
Mie Serdadu (Halomalang)

Selanjutnya, mie unik asal Indonesia yaitu Mie Serdadu. Ini adalah hidangan mie yang dipadukan dengan berbagai sayuran dan buah-buahan. Tak heran jika mie ini berwarna-warni. Untuk harga, mie serdadu dijual mulai harga Rp 6.000. Dijamin tak akan menguras kantong kamu. Jika ingin menikmati mie serdadu, kamu bisa membelinya di Jalan Diponegoro No 49, Batu, Malang. Disana, mie serdadu memiliki banyak varian di antaranya original, ijo (hijau), abang (merah), sampai pelangi. Layaknya mie buto ijo, mie serdadu juga ada tingkat pedasnya mulai dari tingkat kopral tanpa cabai hingga tingkat Jendral dengan 30 cabe. Berani coba?

3. Mie Kocok

Mie Kocok (tumblr)
Mie Kocok (tumblr)

Daerah Jawa Barat terdapat aneka hidangan yang lezat dan enak, salah satunya Mie Kocok. Ini adalah mie yang kuahnya memakai kaldu sapi kental. Tak cuma kuah kaldu sapi saja, mie kocok dilengkapi dengan irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi seledri, bawang goreng dan daun bawang. Mie Kocok bisa ditemui pada sebuah warung bernama Mie Kocok Mang Dadeng yang bertempat di Jalan Banteng No 67, Bandung. Harga mie kocok cukup murah sekitar Rp. 20.000 sampai Rp. 25.000. Saking larisnya, kalau kamu datang pada malam hari sudah tidak bisa menikmati mie super enak ini.

4. Mie Item

Mie Item (blogspot)
Mie Item (blogspot)

Umumnya, mie berwarna kuning. Namun, ternyata di Indonesia ada mie yang punya warna hitam. Hidangan ini disebut Mie Item. Warna hitam pekat dari mie ini berasal tinta cumi-cumi. Bagi kamu yang ingin mencicipi mie item, langsung saja datang ke warung W Mi Item yang berlokasi di Jalan Casablanca, Jakarta. Satu porsi mie item dijual dengan harga Rp 36.000. Bagaimana tertarik mencobanya?

5. Mie Koclok

Mie Koclok (kitabmasakan)
Mie Koclok (kitabmasakan)

Di posisi lima, Mie Koclok termasuk salah satu hidangan mie asal Indonesia yang punya rasa super duper enak. Tampilan mie koclok cukup unik yakni memakai kuah santai yang disertai dengan potongan telur, irisan ayam, bawang goreng, dan daun bawang. Mie koclok bisa kamu beli di warung Mie Koclok Panjunan yang berada di Jalan Pekarungan No 104, Cirebon. Harga satu porsi mie koclok sangat murah lho, cuma Rp. 15.000. Di kota Cirebon, mie koclok menjadi hidangan yang paling laris diburu orang.

(nha)