Temajuk (blogspot.com)

Berwisata ke alam teruka akan memberikanmu kesenangan tersendiri, mulai dari pemandangannya yang indah, udaranya yang sejuk juga sensasi berjalan-jalan di bawah terik matahari yang juga menyenangkan.

Keindahan Indonesia memang beragam, mulai dari Sabang hingga Merauke. Bicara soal keindahan alam Indonesia yang memikat hati, kali ini JadiBerita akan mengulas tentang Desa Temajuk.

Desa Temajuk berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, tepatnya di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Desa ini berbatasan langsung dengan Malaysia, lho, yakni hanya berjarak 4 kilometer dari Teluk Melano, Malaysia.

Pantai Temajuk (blogspot.com)

Desa ini memiliki garis pantai sekitar 60 kilometer, yang sering dikunjungi penyu untuk bertelur.
Nah kalau kamu ingin berkunjung ke desa ini, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor dari Kota Singkawang. Tapi kamu harus siap ya, karena membutuhkan waktu tempuh sekitar 6 jam, dengan jarak tempuh sekitar 200 kilometer.

Perjalanan dimulai dari Kota Singkawang menuju ke arah Sambas, kemudian ambil jalur yang menuju Kartiasa, selama perjalanan kamu akan melewati beberapa dusun. Demi sampai di Desa Temajuk kamu perlu menyiapkan biaya perjalanan yang cukup banyak, karena harus sambung menyambung naik perahu untuk menyebrang sungai.

Bebatuan cantik di Pantai Temajuk (blogsot.com)

Ketika perjalanan kamu juga akan melewati Teluk Atong Bahari, satu-satunya destinasi yang telah dikelola secara mandiri oleh Pak Atong, seorang penggiat pariwisata di Desa Temajuk.

Pak Atong mulai merintis tanah miliknya yang berada di pesisir pantai sejak tahun 2010 tersebut untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Kalau kamu ingin singgah dulu di Teluk Atong Bahari, kamu tidak perlu khawatir untuk menginap, karena sudah tersedia penginapan yang memadai di sini, dan jika penginapan penuh, pengunjung bisa menginap di rumah warga.

(anb)