Tampaknya tren orang bernama unik di Indonesia masih berlanjut. Setelah Tuhan, Arwah, Nabi, Saiton, kini muncul lagi orang bernama unik. Dia bernama Andy Go To School, dan dia berprofesi sebagai seorang polisi.

“Saya baru sadar nama saya tidak biasa setelah masuk SMP. Saat itu sudah dapat pelajaran bahasa Inggris,” kata Goto, panggilan Andy Go To School, di Mapolres Magelang Kota, seperti dikutip dari Detikcom, Rabu (2/9/2015).

“Kata Bapak, saya diberi nama itu rajin sekolah, tidak seperti kakak yang katanya suka membolos,” tambahnya sambil tertawa.

Andy Go To School memegang kartu identitasnya (Tribunnews)
Andy Go To School memegang kartu identitasnya (Tribunnews)

Tak hanya Goto, ternyata kedua saudaranya juga bernama unik. Mereka adalah Happy New Year, dan Rudi A Good Boy. Happy adalah anak pertama, disusul Andy dan Rudi. Ketiganya anak pasangan Bulkin dan Nakimah (almarhum), warga Dusun Kedung Rengit RT 01 RW 04, Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sesuai namanya, Happy New Year lahir tepat pada tahun baru, 1 Januari 1978. Sedangkan Andi lahir 15 Juni 1986 dan Rudi lahir 11 Maret 1990. Andy berprofesi sebagai anggota Sumda (Sumber Daya Manusia) Polres Magelang Kota berpangkat Brigadir, Happy sibuk berbisnis pasir, dan Rudi menjadi anggota TNI di Bandung Jawa Barat.

Lalu bagaimana ceritanya orangtua Goto memberi nama Rudi A Good Boy? “Kata Bapak, biar Rudy tidak seperti saya yang bandel,” kata suami dari Heni Maesaroh ini.

Dulu, Goto merasa beban menyandang nama tersebut. Lama-lama, ia merasa enjoy. Selepas SMP dan SMA di Muntilan, ia bersekolah polisi di Purwokerto pada tahun 2006, kemudian ditempatkan di Polres Magelang, Wonosobo, dan kini Polres Magelang Kota. Ia tinggal bersama keluarga kecilnya di Asrama Polisi Ganten Blok E, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kota Magelang.

Rekan kerja Andy, Bayu Devi Lafian (30), mengaku awalnya merasa aneh dengan nama Andy Go To School. “Itu kan bahasa Inggris dan digunakan dalam bahasa sehari-hari, bukan kata baku untuk nama,” katanya.

Lama kelamaan, nama Goto jadi biasa. Apalagi Goto berlaku biasa: rajin dan periang. “Orangnya lucu dan kita semua terbiasa,” kata Bayu. (tom)