Umumnya, sebuah lagu memiliki durasi sekitar 5 menit atau paling lama 7 menit. Tapi lagu-lagu berikut justru punya durasi yang tergolong panjang bahkan hampir 50 menit.

Saking panjangnya, musisi yang menyanyikan lagu-lagu berikut memecah lagu tersebut menjadi beberapa bagian. Kendati berdurasi panjang, lagu-lagu ini tetap asyik di dengar di telinga. Inilah 5 band yang punya lagu dengan durasi terpanjang versi JadiBerita.

1. Pink Floyd – Atom Heart Mother

Pink Floyd adalah salah satu grup band yang punya lagu dengan durasi terpanjang. Adapun judul lagu terpanjang milik Pink Floyd yaitu Atom Heart Mother. Ini adalah lagu dengan durasi sekitar 23 menit. Atom Heart Mother masuk sebagai lagu di album kelima mereka. Lagu ini terbagi menjadi delapan sub judul, yang semuanya berupa musik instrumental.

2. Dream Theater – Six Degrees of Inner Turbulence

Di posisi dua, Dream Theater juga mengandal lagu Six Degrees of Inner Turbulance sebagai lagu dengan durasi terpanjang. Ini merupakan lagu yang termasuk dalam album studio keenam dari Dream Theater. Tak tanggung-tanggung, lagu ini memiliki durasi 42 menit yang terpecah menjadi delapan bagian part judul.

3. Muse – Exogenesis: Symphony

Siapa yang tak kenal Muse? Mereka adalah salah satu grup band ternama di Hollywood. Siapa sangka? Muse ternyata punya lagu berdurasi panjang yang terdapat pada Exogenesis: Symphony. Lagu ini memiliki durasi hampir 13 menit, dan terbagi menjadi 3 bagian, yakni Exogenesis: Symphony Part 1 (Overture), Exogenesis: Symphony Part 2 (Cross-Pollination), dan Exogenesis: Symphony Part 3 (Redemption).

4. Daft Punk – Too Long

Sesuai judulnya, Too Long masuk dalam kategori lagu dengan durasi terpanjang. Lagu ini dilantunkan oleh Daft Punk. Panjang lagu Too Long sendiri 10 menit. Too Long terdapat dalam album kedua mereka bertajuk Discovery.

5. The Orb – Blue Room

Posisi akhir, The Orb juga punya sebuah lagu dengan durasi terpanjang. Panjang lagu yang diberi judul Blue Room ini sekitar 40 menit. Lagu ini bergenre ambience house. Saking panjangnya, lagu ini lebih cocok disebut album daripada single.

(nha)