Di Tanah Air, pasangan yang membuat perjanjian pranikah sebelum married memang jarang sekali ditemukan. Bagi orang Indonesia, pernikahan adalah suatu hal yang sakral. Jadi tak perlu sampai dibuatkan perjanjian pranikah.

Kendati begitu, masih ada saja pasangan suami istri yang dilanda konflik dalam rumah tangga yang sampai mendorong mereka bercerai. Melihat kondisi itu, beberapa pasangan seleb ini sepakat membuat perjanjian pranikah sebelum melangkah ke pelaminan. Siapa saja mereka?

Dilansir Liputan6, Senin (14/9), inilah 5 pasangan seleb yang bikin perjanjian pranikah sebelum married.

1. Glenn Alienski-Chelsea Olivia

Glenn Alienski-Chelsea Olivia (liputan6)
Glenn Alienski-Chelsea Olivia (liputan6)

Meski pasangan ini baru menikah pada awal Oktober mendatang, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie sudah membuat perjanjian pranikah. Dikatakan Chelsea, surat perjanjian itu berisi tentang perihal yang mengatur dan menyangkut hak dan kewajiban suami-istri. “Iya kita ada perjanjian pra-nikah. Itu tergantung pasangan bagaimana menilainya ya. Bukan itu masalahnya, tergantung dari sudut mana kita melihat sih. Tapi menurutku, kenapa nggak. Supaya saling menghormati, nggak ada laki-laki porsinya di atas, atau perempuan di atas. Dengan adanya print up perjanjian pra-nikah, kita bisa saling menghormati,” ujar Chelsea

2. Luna Maya-Reino Barack

2. Luna Maya-Reino Barack (viva)
Luna Maya-Reino Barack (viva)

Model sekaligus bintang iklan, Luna Maya dan sang kekasih Reino Barack juga sudah membuat perjanjian pranikah sebelum mereka married. Menurut Luna, perjanjian ini sangat penting. Sebab, Luna mempunyai harga yang dia dapat melalui hasil kerja kerasnya selama ini. “Itu fakta. Karena kedua belah pihak yang mau (pra nikah). Penting aja, karena gue juga punya duit. Gue punya rumah, tanah, investasi. Kalau ada sesuatu yang terjadi sudah jelas kedepannya. Kalau nggak terjadi apa-apa ya cuma surat aja kan. Amit-amit sih sampai terjadi yang nggak-nggak,” ucap Luna

3. Raffi Ahmad-Nagita Slavina

Raffi Ahmad-Nagita Slavina
Raffi Ahmad-Nagita Slavina

Pasangan yang baru diberi momongan, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun ikut membuat perjanjian pranikah sebelum keduanya menikah. Ibunda Raffi, Amy Qanita mengatakan bahwa perjanjian itu adalah kesepakatan bersama antara anaknya dan Nagita. “Ya kan katanya itu kalau sebelum atau sudah nikah harta ceweknya ya harta ceweknya. Dengan kondisi sekarang, sepertinya perlu hal itu. Ya kan lebih baik seperti itu untuk ke depannya, biar jelas, takut ada hal-hal yang tidak diinginkan, takut ada apa-apa ke depannya, itu sah-sah aja. Tapi kalau saya pribadi kembalikan ke kondisinya,” imbuh Amy.

4. Venna Melinda-Ivan Fadilla

Venna Melinda-Ivan Fadilla (merdeka)
Venna Melinda-Ivan Fadilla (merdeka)

Sewaktu masih menjadi istri Ivan Fadilla, Venna Melinda juga sempat membuat perjanjian pranikah. Namun, perjanjian ini sempat menjadi perdebatan kala mereka bercerai. Di dalam surat itu disebutkan bahwa harta yang dimiliki Venna, baik sebelum ataupun sesudah menikah tetap menjadi miliknya. “Apakah dengan perjanjian itu sudah pasti semua milik Mbak Venna? Karena bahasanya itu diperoleh dan siapa yang peroleh. Bisa saja diperoleh dari Ivan,” tukas Muhammad Milano selaku kuasa hukum Ivan.

5. Paramitha Rusady-Nenad Bago

Paramitha Rusady-Nenad Bago (kapanlagi)
Paramitha Rusady-Nenad Bago (kapanlagi)

Layaknya Venna Melinda, Paramitha Rusady juga membuat perjanjian pranikah sebelum dipersunting Nenad Bago. Ketika mereka bercerai, baik Paramitha atau Nenad tak mendapat harta gono-gini sesuai isi perjanjian tersebut. “Memang ada perjanjian pra nikah jadi nggak ada permohonan harta gono-gini,” urai Alexander selaku kuasa hukum Nenad.

(nha)