Orang Indonesia ramah-ramah nih (poskotanews.com)

Berbanggalah kalian menjadi warga Indonesia, selain memiliki kekayaan alam yang indah Indonesia juga memiliki kekayaan budi luhur. Ya, masyarakat Indonesia terkenal dengan keramahannya. Tidak ada wisatawan mancanegara yang meragukan hal itu. Namun karena terlalu ramahnya, masyarakat Indonesia sering mengungkapkan atau menanyakan hal-hal yang ternyata jawabannya sudah pasti. Dikutip dari boombastis.com, ini kalimat basa basi yang sering digunakan di Indonesia:

1. Menanyakan yang jawabannya sudah pasti

Adik-adik ini habis pulang sekolah loh (kidsklik.com)

Kalau poin pertama ini pasti kalian sudag pernah mengalaminya guys, sekali-dua kali atau bahkan sering. Jenis pertanyaannya memang berbeda-beda tetapi memiliki satu kesamaan yakni jawabannya sudah pasti. Misalnya kamu sedang berjalan menuju rumah sepulang sekolah lalu ada tetangga yang bertanya, â??Pulang sekolah ya?â?.

2. â??Lagi Ngapain?â?

Sebaiknya kamu berhati-hati jika ada seseorang yang tiba-tiba nge-chat kamu dan menanyakan hal ini. Bisa saja dia akan meminta pertolonganmu atau lainnya dan memastikan kamu sedang tidak sibuk, jadi saat dia mengungkapkan butuh bantuanmu, kamu tidak bisa menghindar lagi.

3. â??Anggap saja rumah sendiriâ?

Kamu pasti pernah mampir ke rumah teman atau ke rumah pacar dan mendengar kalimat â??anggap saja rumah sendiriâ?? Meskipun kamu disuruh menganggap bahwa rumah tersebut rumahmu juga, kamu harus tetap menjaga kesopanan loh. Guys, mereka mengatakan hal itu hanya untuk membuatmu nyaman.

4. Ditawari makanan

Kalau lagi acara kumpul, jangan harap dietmu berhasil ya (womansday.com)

Orang Indonesia yang dikenal baik hati memang baik hati, hal itu tercermin jika kamu menghadiri suatu acara atau mampir ke rumah seseorang. Tentu kamu akan disuguhkan makanan. Jangan harap kamu tidak makan atau minum apapun di tempat tersebut, karena kamu tidak akan berhenti ditawari makanan kalau belum terlihat menyentuhnya. â??Ayo dimakan makanannyaâ?, â??Ambil saja, nggak apa-apaâ?, dan sebagainya.

5. â??Maaf ya merepotkanâ?

Nebeng sama teman ke kampus ya? (kaskus.com)

Kalimat basa-basi ini juga biasanya terlontar dari mereka yang sebenarnya memang butuh bantuan. Rasa tidak enak tetapi butuh bantuanlah yang akhirnya membuat mereka mengatakan kalimat ini. Apalagi mereka yang dengan panjang lebar menjelaskan alasan bantuan kalian dibutuhkan, misalnya â??Maaf banget kalau kamu jadi harus jemput aku, soalnya daritadi sudah pesan ojeg tapi nggak datang-datang, aku hari ini presentasi di kampus jadi harus datang pagi. Maaf banget ya kalau aku merepotkan kamuâ?.

(anb)