Sekotak Harapan, Animasi Indonesia Ala Anime Jepang

Potion Animation, sebuah klub animasi baru, baru saja merilis sebuah video animasi original karya mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak yang mengangkat konten nasional, berjudul “Sekotak Harapan”. Video animasi ini menceritakan tentang usaha keras seorang siswa yang ingin mencapai cita-citanya.

Animasinya dikerjakan semirip mungkin dengan proses pembuatan anime di Jepang, yaitu menggunakan teknik frame-by-frame atau menggambar manual setiap frame-nya dan dianimasikan sebanyak 8 gambar/detik. Proses penggambarannya mulai dari menggambar manual di atas kertas, kemudian di-trace dengan komputer. Projek ini menghabiskan 145 lembar kertas tidak termasuk adegan yang dihapus dan dikerjakan selama 3 bulan oleh 14 orang dengan tugas yang berbeda.

Selain gambar, animasi ini juga sepenuhnya digarap oleh Politeknik Negeri Pontianak, seperti misalnya suara masing-masing tokohnya. Beberapa background dalam video animasi ini memang benar-benar ada di Pontianak seperti sekolah, jalan, dan kafe.

Anggota dari Potion Animation kebanyakan adalah pemula dan belajar secara otodidak. Sebagian besar dari pembuatnya adalah penggemar anime yang ingin membuat animasi sendiri. Dalam pengerjaannya tidak ada yang menggunakan wacom atau alat khusus lainnya, namun dibuat manual menggunakan tracepad atau mouse. Mereka menggunakan fasilitas seadanya terutama pada proses rekaman dan menghabiskan 2 butir telur dalam proses rekamannya.

Jika ingin tahu mengenai pembuat animasi ini, kamu bisa kunjungi Facebook Potion Animation, yaitu https://www.facebook.com/PotionPolnep.

Penasaran seperti apa animasi buatan anak bangsa ini? Langsung saja lihat animasinya berikut ini.

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Gitaris Tercantik di Indonesia

Kekasihmu Berubah Cuek, Ini Cara Mengatasinya