Mie dan nasi (rahasialangsingcepat.com)

Bagi masyarakat Indonesia kalau belum makan nasi, bisa dikatakan belum makan. Nah, kamu mungkin termasuk salah satu orang yang terbiasa makan mie pakai nasi, karena rasanya memang nikmat.

Kebiasaan kamu mengkonsumsi mie instan dicampur dengan nasi ini, ternyata memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan, terlebih kalau kamu mengkonsumsi dengan frekuensi yang sering.

Makan mie pakai nasi merupakan kebiasaanmu? (vemale.com)

Kedua makanan ini merupakan sumber karbohidrat dan kalori yang tinggi. Pastinya, mie instan mengandung 310 kalori. Kandungan kalori tersebut setara dengan seporsi nasi lengkap dengan lauk pauknya.

Nah, kalau kamu mengkonsumsi mie instan dengan nasi makan kamu akan kalori yang kamu konsumsi sebanyak 600-700 kalori sekaligus. Meskipun manusia membutuhkan 2000 kalori per harinya, namun mengkonsumsi mie instan dengan nasi secara rutin dan sering akan membuat tubuh anda menjadi melar.

Kalori kebutuhan tubuh manusia (samyunwan.com)

Selain itu, kandungan garam dan MSG yang tinggi pada mie juga kurang baik bagi tubuh. Untuk itu, sebaiknya kamu mengatur dan mengurangi konsumsi mie, yakni sebanyak 2 atau 3 kali hanya dalam seminggu.

Kalau sudah terlanjur jatuh hati dengan mie, sebaiknya kamu mengganti pendamping mie instan, jangan menggunakan nasi. Bisa menggantinya dengan sayur-sayuran, telur ataupun daging.

Ganti pakai telur atau daging nih guys (kaskus.co.id)

Pemimpin penelitian di Amerika Serikat, Dr Shin, mengatakan kepada Daily Mail pada Kamis 14 Agustus 2014 lalu, bahwa konsumsi yang sering itu dapat menaikkan resiko sindrom kardiometabolik.

Dr Shin menambahkan bahwa mie itu memiliki unsur kimia yang disebut sebagai bisphenol A. Unsur itulah yang menganggu cara kerja hormon. Karena itu dia mengimbau agar tidak terlalu sering mengkonsumi mie.

(anb)