Menikah muda (therantinglatina.com)

Hai guys, sudah punya plan untuk menikah? Berapa tahun lagi kira-kira kalian akan menikah? Menikah merupakan suatu prosesi sakral yang diidamkan oleh semua orang. Bicara soal pernikahan, saat ini banyak pasangan yang memilih untuk menikah muda dengan berbagai alasan. Mulai dari harapan tentang buah hati, perekonomian dan karir masa depan serta masih banyak lagi. Sebelumnya, JadiBerita pernah membahas mengenai menikah muda dengan sisi positifnya. Meskipun memiliki sisi positif, tetapi bagi kamu yang memiliki niat untuk menikah muda coba pertimbangkan kekurangan menikah muda berikut ini:

1. Waktu tersita

Nggak akan bisa sering-sering nongkrong guys (cloudfront.net)

Jangan samakan pernikahan dengan masa pacaran. Ketika masih pacaran, kamu bisa saja jalan kemanapun kamu mau, dengan siapapun tanpa memikirkan hal-hal yang berbau rumah tangga. Ketika menikah, bagi kamu para wanita akan dibebankan dengan segudang urusan rumah tangga seperti menyiapkan makanan untuk keluarga, merapihkan rumah, menyiapkan pakaian suami dan sebagainya. Bagi kamu para pria, kamu akan dibebankan dengan tanggung jawb untuk memimpin rumah tangga. Kamu sudah tidak bisa lagi jalan-jalan dan pualng larut malam, karena sudah ada keluarga yang menunggumu di rumah.

2. Kesiapan ekonomi

Masalah finansial sering menjadi penyebab keretakan rumah tangga (fbnstatic.com)

Masalah kesiapan ekonomi juga merupakan masalah yang cukup sering ditemui oleh pasangan yang memilih menikah muda. Jangan sampai pernikahanmu yang kamu niatkan untuk mandiri justru merepotkan orang-orang di sekelilingmu, termasuk orangtuamu. Menikah bukan hanya soal cinta, tetapi bagaimana menghidupi cinta-cinta tersebut dan memberinya kehidupan yang layak.

3. Kesiapan mental

Kalau masih sama-sama labil pertimbangkan lagi ya (steamenginefinancialcoaching.com)

Kalau kamu masih memiliki pemikiran yang kekanak-kanakan sebaiknya pikirkan lagi dengan matang mengenai keputusan untuk menikah muda, karena ketika menikah banyak sekali beban rumah tangga yang akan kamu hadapi. Kalau kamu masih labil, sebaiknya mantapkan lagi dirimu.

4. Komitmen

Menikah tidak bisa seenaknya meningalkan pasangan (tumblr.com)

Karena jiwa muda yang masih labil, kamu bisa saja memainkan prosesi sakral dari pernikahan. Sudah dikatakan sebelumnya, menikah beda dengan pacaran. Kamu tidak bisa begitu saja memutuskan hubungan tersebut atau bermain hati dan mengabaikan komitmen pernikahan. Pernikahan membutuhkan segala persiapan yang serius dan matang.

(anb)