Sebuah sketsa rancangan busana biasanya dihasilkan dari goresan pensil di atas sketchbook oleh para designer busana lalu dibuat rancangan pola untuk dijadikan pakaian jadi. Tapi berbeda dengan seorang fashion illustrator Gretchen Roehrs yang menggunakan bahan-bahan makanan sebagai inspirasi dan media yang digunakan. Unik bukan?

Ilustrator fashion food (broccolicity.com)
Ilustrator fashion food (broccolicity.com)

Dilansir dari majalah Bazaar, Gretchen Roehrs berpendapat kalau, ide bisa datang dari mana saja, bahkan hal-hal terdekat yang justru tak terpikirkan oleh banyak orang. Menurutnya inspirasi yang datang setiap hari bisa berasal dari sebuah pernak-pernik lucu serta buah-buahan eksotis.

Ilustrator fashion food (www.harpersbazaar.com)
Ilustrator fashion food (www.harpersbazaar.com)

Roehrs menggunakan segala jenis makanan, mulai dari yang belum matang, hingga yang sudah matang. Dari sayuran, buah-buahan sampai kulit kerang. Segala jenis makanan bisa ia sulap menjadi sebuah sketsa rancangan busana yang mengagumkan. Meski berasal dari makanan, rancangan Roehrs ciptakan tetap terlihat apik seperti pakaian sungguhan.

Roehrs mengakui kalau ia lebih suka menggunakan buah dan sayuran dalam rancangannya karena ia merasa perpaduan warnanya lebih canik. Ketika ditanya apakah Roehrs pernah menggunakan junk food dalam rancangannya, ia mengatakan sudah pernah menggunakan kentang goreng. Ia bahkan sekarang memperluas rancangannya dengan menggunakan permen warna-warni dan juga kue seperti macaron.

Ilustrator fashion food (twitter.com)
Ilustrator fashion food (twitter.com)

Gretchen Roehrs mengungkapkan kalau ide awal menggunakan makanan dalam ilustrasi design fashionnya bermula dari ejekan teman-temannya yang merindukan buah-buahan dan sayuran segar selama bulan-bulan musim dingin. Roehrs berpendapat kalau ada kesejajaran yang luar biasa antara makanan dan fashion. Keduanya sama-sama memanjakan visual kita.

Ilustrator fashion food (rockthetrend.com)
Ilustrator fashion food (rockthetrend.com)

Makanan dan ilustrasi sebenarnya telah lama dipadukan satu sama lain, tetapi tidak begitu banyak dalam hal fashion. Pada pertengahan 1800-an, gambar sayuran aneh Pierre Amedee Varin ini menampilkan kubis dengan wajah dan hybrid asparagus orang, dan bahkan sebelum itu di tahun 1500-an Giuseppe Arcimboldo melukis potret manusia lucu dari sayur dan buah. Gretchen Roehrs menawarkan kombinasi sangat unik dari perpaduan makanan dan fashion yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Jika kamu ingin melihat illustrator dari Roehrs, kamu bisa memfollow instagram @groehrs. (jow)