Di China ada sebuah desa kecil yang letaknya jauh tersembunyi di pegunungan Tianzhu di China tengah. Desa yang dinamai Ganxi Dong ini sedang mendapat sorotan dari seluruh dunia karena keunikannya. Kenapa dikatakan unik? Karena seluruh warga di desa ini sangat ahli dalam ilmu bela diri terutama kungfu.

Desa Kungfu (www.dailymail.co.uk)
Desa Kungfu (www.dailymail.co.uk)

Dilansir dari People’s Daily Online, ada salah satu suku dari 56 etnis minoritas di China yang masih menjunjung tinggi tradisi lokal. Warga Ganxi Dong, sangat bangga karena masih bisa melestarikan tradisi lokalnya yakni ilmu kungfu. Masing-masing dari mereka menguasai gaya yang berbeda dari seni bela diri China kuno tersebut. Mereka menggunakan berbagai senjata, seperti tongkat, garpu rumput, dan tinju.

Latihan Kungfu (www.doanhnhansaigon.vn)
Latihan Kungfu (www.doanhnhansaigon.vn)

Perihal tentang desa Ganxi Dong yang hijau dan subur pun sekarang telah menyebar luas di media sosial China. Dengan latar lanskap desa yang indah, warga desa dari segala usia terlihat mengayunkan tongkat dan pedang saat berlatih kungfu, berkelahi satu sama lain.

Tidak diketahui pasti mengapa semua orang di desa ini berlatih kungfu dan sudah berapa lama tradisi kuno tersebut berlangsung. Tetapi penduduk setempat memiliki dua teori tentang bagaimana semua itu terjadi.

Desa Kungfu Ganxi Dong (info.chinlingo.com)
Desa Kungfu Ganxi Dong (info.chinlingo.com)

Cerita pertama, suatu waktu penduduk desa dan ternak mereka secara teratur diserang oleh binatang buas. Sebagai solusinya, seorang pemuda yang kuat dipilih dari masing-masing keluarga, untuk belajar seni bela diri. Para pemuda berlatih dengan menirukan gerakan naga, ular, harimau dan macan tutul, dan kemudian meneruskan keterampilan tersebut kepada anggota lain di keluarga mereka. Setiap keluarga mempelajari satu gaya khusus dan berlatih dengan gaya yang berbeda dengan keluarga lainnya, sehingga menimbulkan strain yang berbeda dari ilmu kungfu.

Wanita berlatih kungfu (www.dailymail.co.uk)
Wanita berlatih kungfu (www.dailymail.co.uk)

Cerita lainnya, ketika keluarga pertama mulai menetap di wilayah tersebut, mereka sering dijarah oleh tetangga mereka. Jadi mereka mengundang beberapa ahli seni bela diri untuk mengajarkan bagaimana cara membela diri. Mereka belajar keterampilan baru dan akhirnya meneruskannya kepada seluruh warga desa.

Tidak ada yang tahu persis kisah awal mula dari desa yang sekarang dikenal sebagai â??Desa Kungfuâ?? itu. Tapi tradisi pembelajaran kungfu masih hidup dan berkembang di antara 123 rumah tangga di Ganxi Dong. Dan karena para pemuda sekarang banyak yang meninggalkan desa untuk bekerja di kota, para wanita pun didorong untuk belajar kungfu dalam upaya untuk mempertahankan tradisi hidup. (jow)