Kecanggihan yang ditawarkan pada teknologi robot nampaknya semakin berkembang saja. Semakin hari semakin banyak robot bermunculan dengan keunikan teknologi yang mereka bawa, seperti RoboThespian yang dapat meniru suara karakter dalam film-film terkenal.

Robot dengan bentuk menyerupai seorang bocah kecil itu dikembangkan oleh salah satu perusahaan kecil asal Cornwall, Inggris. Robot ini dapat meniru beberapa gaya serta percakapan dari karakter di film terkenal seperti dalam film “Star Wars: The Force Awakens”.

RoboThespian (Engineeredarts)
RoboThespian (Engineeredarts)

RoboThespian dapat meniru percakapan dari karakter terkenal seperti Darth Vander dan Luke Skywalker. Selain itu, robot ini juga bisa bernyanyi seperti dalam film “The von Trapp Family – A Life of Music” yang diperankan oleh aktris senior Julie Andrews.

Tak hanya memiliki kecanggihan meniru suara karakter dalam film, robot pintar ini juga bisa mengucapkan ucapan salam hari raya maupun ulang tahun. Robot akan menuruti seluruh permintaan sesuai dengan perintah pada layar sentuh yang ada di sampingnya.

Berkat kecanggihannya ini, sang robot juga pernah ditugaskan untuk melawak ala stand up comedy.¬†“Halo, para manusia menyedihkan berlapis kulit lemah, maaf, maksud saya para hadirin sekalian,” ucap RoboThespian dalam salam pembukanya dengan suara seorang laki-laki, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (22/9/2015).

Robot pelawak ini melucu dengan program yang sudah dirancang ataupun dikontrol secara langsung oleh seseorang. Tim peneliti menguji coba RoboThespian untuk mengetahui kinerja alat pendeteksi respon dari lingkungan sekitar dari apa yang diucapkannya.

RoboThespian (Engineeredarts)
RoboThespian (Engineeredarts)

“Kami menggunakan piranti lunak visi komputer dan audio proses untuk mendeteksi respon dari setiap audiens secara berkelanjutan. Sesuatu yang tak dimiliki oleh comic¬†manusia,” kata Kleomenis Katevas, sarjana dari Queen Mary University.

RoboThespian diciptakan pertama kali pada tahun 2005 oleh salah satu perusahaan mesin di Inggris. Ia diciptakan dengan program yang dapat berkomunikasi dan menghibur manusia dengan berbagai cara.

Sementara itu, robot yang juga akan mengikuti pergerakan mata orang yang ada di depannya ini dibanderol dengan harga Rp 800 jutaan. Selain NASA, perusahaan operator telekomunikasi terkemuka Australia, Telstra juga memilikinya di Telstra Experience Centre. (tom)