Ada yang bilang kalau kesehatan itu mahal harganya. Karena itu, kita diusahakan jangan sampai sakit. Kalaupun sakit, namanya orang Indonesia, pasti mencari alternatif pengobatan yang murah. Ada banyak cara yang dilakukan orang Indonesia saat sakit, ada yang berdasar mitos, ada juga yang bersifat ilmiah. Berikut adalah 5 cara yang dilakukan orang Indonesia saat sakit, seperti dilansir dari Keepome, Selasa (22/9/2015).

1. Minum jamu

Minum jamu (Keepo)
Minum jamu (Keepo)

Jamu dikatakan dapat menyembuhkan berbagai penyakit meskipun rasanya ada yang tidak enak. Kemungkinan minuman ini berkhasiat karena dibuat dari bahan-bahan alami. Kekhasiatan jamu tidak diragukan lagi, karena sudah banyak diekspor ke luar negeri. Minuman ini bisa menjadi alternatif obat dari dokter jika sedang sakit.

2. Diurut

Diurut (Keepo)
Diurut (Keepo)

Jika salah urat, atau merasa tulang dan sendi tidak nyaman, datang saja ke tukang urut, daripada mahal-mahal ke dokter ahli tulang. Tukang urut dikatakan mampu menyembuhkan segala penyakit di daerah tulang atau sendi.

3. Dikerok

Kerokan (Keepo)
Kerokan (Keepo)

Masuk angin? Jangan ke dokter dulu atau beli obat di apotek, sebaiknya dicoba dikerok dulu. Kerokan ini terbukti ampuh menyembuhkan masuk angin, meskipun efek sampingnya adalah punggungmu terlihat seperti punggung harimau. Namun dalam kerokan harus hati-hati agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

4. Ganti nama

Nama-nama (Keepo)
Nama-nama (Keepo)

Menurut kepercayaan beberapa orang, terutama orang yang masih tinggal di desa, jika seorang anak sakit-sakitan, maka namanya itu dinilai terlalu ‘berat’. Satu-satunya cara untuk anak tersebut tidak sakit-sakitan lagi adalah mengganti namanya. Ritual ganti nama ini dikatakan tidak sembarangan, apalagi harus mengurus nama di kelurahan.

5. Pergi ke dukun

Dukun (Keepo)
Dukun (Keepo)

Karena adat dan tradisi, masih ada orang yang ke orang pintar alias dukun untuk meminta kesembuhan. Namun hati-hati, karena ada dukun mesum, atau ada dukun palsu yang bukannya menyembuhkan justru malah memperparah penyakitmu. (tom)