Kerennya Rumah Adat Indonesia Berdiri Megah di Tanah Eropa


Banyak bangunan di Indonesia yang mirip dengan bangunan terkenal di luar negeri seperti patung Merlion di Batam, kawasan Paris Van Java yang mirip di Paris, atau bahkan Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri yang sangat mirip dengan Arc de Triomphe. Namun ternyata, bangunan atau rumah adat Indonesia juga ada yang ‘eksis’ di luar negeri, terutama Eropa. Ada apa saja? Berikut beberapa rumah adat Indonesia yang berdiri megah di Eropa, dilansir dari Goodnewsfromindonesiaorg, Selasa (22/9/2015).

1. Rumah gadang di Belanda

Rumah gadang di Belanda (GNFI)
Rumah gadang di Belanda (GNFI)

Rumah yang juga disebut dengan rumah Bagonjong oleh masyarakat sekitar memiliki bentuk yang unik dimana bentuk puncak atapnya runcing menyerupai tanduk kerbau. Keunikan bentuk rumah tradisional dari Indonesia ini memberikan inspirasi pada pengelola sebuah theme park di Belanda. Bangunan dengan model serupa bisa kalian jumpai kala berkunjung ke Taman Efteling yang terletak di Kaatsheuvel.

2. Pura Bali di Belgia

Pura Bali di Belgia (GNFI)
Pura Bali di Belgia (GNFI)

Di Belgia terdapat sebuah taman yang merefleksikan Indonesia dalam ukuran yang mini. Taman tersebut bernama The Kingdom of Ganesha. Nama tersebut dipilih sebagai penghargaan dan kehormatan untuk bangsa Indonesia. Di sana terdapat Pura Agung Shanti Buwana yang terkenal di Bali, bahkan dalam ukuran yang sama.

3. Rumah adat Batak di Jerman

Rumah adat Batak (GNFI)
Rumah adat Batak (GNFI)

Rumah adat suku Batak tidak hanya dapat dijumpai di Indonesia, tapi juga di Jerman, tepatnya di Kota Waperloh, negara bagian Niedersachsen, Jerman Utara. Rumah adat Batak yang ada di Jerman ini sudah ada sejak tahun 1978 dan dibangun atas inisiatif pastor Matthus. Kini rumah khas salah satu suku di Indonesia ini berfungsi sebagai museum dan menjadi objek wisata bagi masyarakat Jerman.

4. Rumah gadang di Rotterdam

Rumah Minangkabau di Rotterdam (GNFI)
Rumah Minangkabau di Rotterdam (GNFI)

Setelah taman Efteling yang mengadopsi bentuk rumah Gadang sebagai gerbang taman bermainnya, bangunan model serupa juga dapat ditemui di Kralingse Bos sebuah hutan kota di Rotterdam. Bangunan yang terinspirasi dari rumah adat Minangkabau ini ternyata adalah sebuah restoran bernama Indisce Restaurant. Meski memiliki model rumah Gadang namun makanan yang tersaji di sana bukan makanan padang namun kebanyakan menu orang bule. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak