Mahasiswa UI Ciptakan Drone Pemadam Kebakaran

Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Robot Terbang â??Garuda Indonesiaâ? Universitas Indonesia berhasil meraih juara pertama pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2015 yang diselenggarakan di kampus Universitas Gadjah Mada pada tanggal 19 September lalu. Dalam ajang tersebut, mereka berhasil menciptakan drone yang bisa memadamkan kebakaran.

Tim Garuda (Edupost)
Tim Garuda (Edupost)

Tingginya angka kebakaran hutan di Indonesia menjadi permasalahan yang kerap dialami dan tentunya membutuhkan solusi. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu motivasi penyelenggaraan KRTI 2015 khususnya pada divisi Vertical Takeoff and Landing (VTOL).

Wahana VTOL didesain untuk mampu menggantikan tugas manusia dalam pemadaman api sehingga tidak perlu lagi mendekat ke titik api melainkan cukup terbang rendah mendekat ke titik api dan memadamkannya.

“Kami tertantang mencari solusi atas permasalahan yang sedang terjadi di Indonesia,” ujar salah satu anggota tim Garuda, M. Taris Handyatama, seperti dikutip dari Bisniscom, Kamis (24/9/2015).

Tim Garuda yang terdiri dari mahasiswa jurusan elektro dan teknik mesin ini berhasil merancang Robot Garuda dengan material rangka utama berbahan Fiber dan Alumunium dengan bobot 2,2 kg.

Garuda memiliki durasi terbang hingga 15 menit dengan kecepatan pada horizontal speed 3,5 meter/detik dan pada vertical speed 2,5 meter/detik. Tipe robot yang dibangun adalah quadrotor.

“Robot ini terbang dengan 4 rotor yang dirancang dan dirakit sendiri tanpa menggunakan kit dan mampu terbang dengan mode manual menggunakan remote control atau secara autonomous berdasarkan panduan dari hasil image processing atau menggunakan titik koordinat yang dijadikan waypoint,” papar mahasiswa teknik elektro ini.

Robot Garuda mampu memadamkan titik-titik api dengan menggunakan media pemadaman berupa hembusan angin dari baling-baling quadcopter ketika berada di ketinggian sekitar dua meter dari titik api.

Drone pemadam kebakaran (Edupost)
Drone pemadam kebakaran (Edupost)

“Semoga karya kita ini dapat menjadi salah satu solusi pemadaman api tanpa tenaga manusia dan membawa Indonesia menuju kemandirian teknologi wahana tanpa awak,” pungkasnya.

Kepala Kantor Komunikasi UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan keikutsertaan UI pada kompetisi teknologi nasional seperti KRTI 2015 diharapkan mampu menstimulus rasa inovasi dan kreatifitas mahasiswa UI di dalam menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan menjadi suatu produk atau program yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Peran serta mahasiswa UI pada KRTI 2015 menjadi salah satu bentuk kontribusi nyata UI dalam pengembangan teknologi khususnya robot terbang quadrotor di Indonesia.

â??Selain itu diharapkan dapat menjadi salah satu solusi pemadaman api tanpa tenaga manusia dan membawa Indonesia menuju kemandirian teknologi wahana tanpa awak,â? kata Rifelly. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Cadas, Wanita Hijab Bercadar Ini Ternyata Gitaris Metal

Menebak Kepribadian Seseorang dari Bentuk Bibir