Bahasa Indonesia kini semakin diminati oleh orang luar negeri. Hal ini terbukti dengan adanya mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Indonesia di beberapa negara seperti Australia, Vietnam, Amerika Serikat dan Kanada. Kini, ada satu lagi negara yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah. Negara itu adalah Finlandia.

Bendera Finlandia (Enoszone)
Bendera Finlandia (Enoszone)

Sebuah perguruan tinggi di Finlandia, Universitas Turku akan menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliah bahasa asing pilihan bagi para mahasiswanya. Bahasa Indonesia akan mulai diajarkan pada tahun ajaran 2016 nanti oleh perguruan tinggi yang berdiri sejak 1920 ini.

Dalam pertemuan antara Rektor Universitas Turku, Kalervo Vaananen, dengan Dubes RI di Helsinki, Elias Ginting, diketahui jika minat masyarakat Finlandia dalam mempelajari Bahasa Indonesia mengalami peningkatan.

Universitas Turku (joineusee)
Universitas Turku (joineusee)

Nantinya, Bahasa Indonesia akan menjadi mata kuliah di universitas itu, bersama dengan bahasa lainnya, seperti Bahasa Spanyol, Perancis, Jerman, Jepang, Tiongkok serta Rusia.

Ketertarikan tersebut tentu saja disambut dengan baik oleh Dubes RI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Anies Baswedan. “Negeri lain pun menengok masalahnya jadi kita pun harus melakukan perubahan,” ujar Anies Baswedan seperti dikutip dari Merdekacom, Senin (28/9/2015). “Seperti negara Finlandia melakukan perubahan dunia pendidikan selama 20 tahun sejak awal tahun 1980 sampai tahun 2000.”

Tak hanya Bahasa Indonesia saja yang akan diajarkan di sana, filosofi dari Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara juga diterapkan di sana. “Filosofi Ki Hajar Dewantara di sana dipraktikkan,” pungkas Anies. (tom)