5 Proses Ijab Kabul Terkocak di Indonesia

????????????????????????????????????

Pastinya hampir semua orang mengetahui jika dalam pernikahan ada satu prosesi yang paling penting, yaitu proses ijab kabul. Namun, pada kenyataannya, orang-orang lebih mementingkan hal-hal yang sebenarnya tak terlalu penting dari pada prosesi satu ini. Alhasil, cukup sering ditemui kesalahan pada prosesi ijab kabul ini. Namun, alih-alih mengacaukan semuanya, yang ada malah jadi lucu dan sangat menghibur. Berikut adalah 5 proses ijab kabul terkocak di Indonesia, seperti dilansir dari Boombastiscom, Selasa (29/9/2015).

1. Menggenggam Tangan Penghulu dan Bilang â??Sah!â??

Mempelai pria dalam video ini malah menggenggam tangan pak penghulu dengan gaya gaul sambil mengucapkan â??Sahâ?, padahal sang penghulu belum mengucapkan kata-kata yang harus diikuti oleh mempelai pria itu. Alhasil, para saksi pun dibikin tertawa dengan aksi kocak ini. Sampai ada yang menyeletuk, â??Tenang, jawab saya terima nikahnyaâ?.

2. Langsung Dijawab, Padahal Penghulu Belum Bilang Akadnya

Biasanya dalam prosesi pernikahan, penghulu akan membacakan akad terlebih dahulu baru kemudian disambut oleh si pengantin pria. Alih-alih sabar menunggu penghulu menghabiskan kalimat akadnya, si mempelai pria langsung saja tembak dengan kalimat penerimaan, â??Saya terima nikahnyaâ?¦â? Sontak hadirin pun dibikin tertawa lebar dengan aksi si pengantin pria.

3. â??Ora Umum Saya Terima!â?

Di Indonesia, rata-rata lafal ijab kabul menggunakan bahasa Arab dan Indonesia. Namun, meskipun berbeda, masing-masing bahasa ini sudah punya pola atau bentuk yang telah ditetapkan, khususnya saat ijab kabul, sehingga tidak boleh ditambahi apalagi dikurangi. Namun, hal tersebut justru dilakukan mempelai pria satu ini. Dia pun menambahkan kata “Ora umum” (tidak umum) sebelum mengucapkan “saya terima”. Kenapa harus ditambahi kata-kata â??Ora umumâ?? Mungkin saja si calon istinya berdandan tidak umum seperti biasanya atau pun faktor yang lain. Sang penghulu pun tidak lupa memberikan saran agar si mempelai pria ini tak menambahkan kata-kata yang tidak perlu tersebut.

4. Mempelai Pria Langsung Menjawab â??Sahâ?

https://www.youtube.com/watch?v=4tSGf4Vq3vk

Dalam ijab kabul, tentunya sang mempelai pria jangan sampai salah menjawab pertanyaan sang penghulu. Namun pria yang satu ini justru sebaliknya. Ketika penghulu sudah menyelesaikan kalimatnya, si pria ini malah menjawab dengan penyataan lain yang menggelitik. Mungkin karena hilang konsentrasi, si pengantin pria ini langsung tembak dengan kata â??Sahâ? ketika penghulu baru saja selesai membacakan akadnya.

5. Ijab Kabul Tercepat dalam Sejarah

Selain lantang dan melafalkan kalimat dengan jelas, aturan ijab kabul yang baik adalah melantukan kalimat penerimaannya dengan satu tarikan nafas saja. Karena itu, tak ada cara lain selain mengatakannya dengan cepat. Namun pria yang satu ini pengucapannya justru kelewat cepat. Memang terdengar lucu, namun tak masalah asalkan sukses dan istri sudah halal. Lagipula ijab kabul hanya dilakukan sekali seumur hidup kecuali karena sebab lain. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Wow, Profesor Termuda di Amerika Asal Indonesia Loh

Aliran Ombak Misterius yang Belum Terkuak Ilmuwan