IQ (memorado.com)

Setiap orang memiliki hobi dan minat yang berbeda-beda, ada yang senang dan hobi bermain musik, ada yang senang dan hobi menghabiskan waktu di dalam perpustakaan guna membaca buku-buku koleksinya, ada juga yang senang dan hobi merenggangjan otot-otot motoriknya. Tapi guys, ternyata ada loh hobi yang bisa meningkatkan IQ bahkan membuatmu bisa secerdas Einstein. Mau tahu? Pastikan baca artikel ini sampai selesai ya guys.

1. Membaca dan memecahkan soal

Membaca novel ilmiah juga oke (netdna-cdn.com)

Biasakanlah untuk membaca, karena benar apa yang selama ini dikatakan orang banyak bahwa dengan membaca kamu bisa menambah ilmu dan pengetahuanmu. Membaca tidak harus selalu mengenai pelajaran, membaca berbagai novel fiktif nan ilmiah juga bisa menambah pengetahuanmu, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan koneksi internet dengan membaca berbagai artikel bermanfaat. Selain membaca, belajar memecahkan masalah juga bisa meningkatkan IQ-mu. Saat ini sudah banyak beredar riddle story. Selain seru, cerita tersebut bisa melatih keleluasaan pikiranmu untuk memecahkan masalah.

2. Bermain teka-teki silang

Main teka-teki silang mengurangi penyakit sering lupa (huffpost.com)

Bermain teka-teki silang baik untuk menjaga dan meningkatkan kualitas memori di otak kita. Karena otak dipaksa untuk mengingat dan berpikir mengenai suatu kata atau istilah tetentu. Bermain teka-teki silang juga bisa menambah pengetahuanmu jika kamu menemukan istilah atau kata baru. Bermain teka-teki silang tepat untuk mengurangi penyakit pikun atau sering lupa.

3. Belajar bahasa baru

Keren loh kalau bisa menguasai banyak bahasa (api.ning.com)

Beberapa jaringan otak digunakan untuk mengartikan suara kita, memberikan makna, dan kemudian menanggapinya. Kinerja otak ini akan makin terasah oleh mereka yang mengerti beberapa bahasa berbeda. Poin plus yang dimiliki oleh mereka yang mahir dalam beberapa bahasa ialah mereka mampu untuk fokus pada lebih dari satu tugas pada waktu yang bersamaan. Ini karena ada beberapa jaringan otak yang terhubung dengan jaringan penalaran dan perencanaan.

4. Bermain alat musik

Bermain alat musik juga bagus untuk otakmu (cdnds.net)

Musik berfungsi untuk memecahkan masalah dan pengenalan pola. Bermain musik menggunakan kedua sisi rasional Anda (otak kiri) dan sisi kreatif Anda (otak kanan), sehingga bisa meningkatkan IQ.

5. Olahraga

Olahraga meningkatkan kebugaran dan kecerdasan loh (tinypic.com)

Berolah raga menghasilkan protein (Brain Derived Neurotrophic Factor – BDNF) dalam aliran darah. Saat darah bergerak melalui otak, sel-sel akan menyerap protein yang bertanggung jawab untuk meningkatkan memori agar lebih fokus. Penelitian di Universitas Texas, Amerika Serikat mengatakan bahwa berolahraga selama 30 menit per hari dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar. Dalam penelitiannya kepada 1100 mahasiswa, mahasiswa yang mendapat nilai A lebih banyak berolahraga.

(anb)