Zebra cross dirancang bagi pengguna jalan yang ingin melewati jalan raya. Dengan menyebrangi zebra cross, pengguna jalan merasa aman karena bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Umumnya, zebra cross dibuat dengan tampilan garis hitam putih. Namun, ternyata ada beberapa zebra cross dengan tampilan berbeda. Tak ayal, zebra cross ini diklaim sebagai zebra cross unik sedunia. Inilah kelima zebra cross tersebut.

1. Latin Insurance Cross Walk

Latin Insurance Cross Walk (blogspot)
Latin Insurance Cross Walk (blogspot)

Latin Insurance Cross Walk merupakan salah satu zebra cross dengan tampilan yang cukup unik di Peru. Bagaimana tidak, lajur zebra cross ini sengaja terbuat dari beton. Jadi, kalau kamu menyebrang di zebra cross ini harus hati-hati dengan lubang di bawahnya yang berisi buaya dan ular. Perancang zebra cross ini adalah sebuah perusahaan asuransi asal Peru. Mereka membuat zebra cross ini sebagai ajang promosi.

2. McDonald’s Crosswalk

McDonald's Crosswalk (blogspot)
McDonald’s Crosswalk (blogspot)

Semua orang tahu bahwa McDonald’s adalah restoran cepat saji. Nah, ternyata sebuah zebra cross di dunia ini juga terinspirasi dari McDonald’s lho. McDonald’s Crosswalk dibuat oleh perusahaan McDonald. Jalur penyebrangan ini dibuat ketika berlangsungnya Festival Zurifest di Swiss. Pihak McDonald sengaja mengecat jalanan dengan desain satu bungkus kentang goreng berlogo McDonald lengkap dengan batang-batang kentang berwarna kuning.

3. Curving Ego Crosswalk

Curving Ego Crosswalk (blogspot)
Curving Ego Crosswalk (blogspot)

Jae Min Lim merupakan desainer asal Korea yang merancang zebra cross dengan desain paling unik sedunia. Zebra cross ini diberi nama Curving Ego Crosswalk. Kalau kamu lihat gambar di atas, bentuknya sama sekali tidak mirip dengan zebra cross pada umumnya. Sebab, ada lajur yang lebih lebar di dekat trotoar. Sang desainer mengatakan, dirinya membuat Curving Ego Crosswalk semata-mata untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.

4. South Africa Tourism Crosswalk

South Africa Tourism Crosswalk (blogspot)
South Africa Tourism Crosswalk (blogspot)

Kalau zebra cross yang satu ini desainnya benar-benar menyerupai kulit hewan zebra. Zebra cross yang berada di Mumbai, India ini bernama South Africa Tourism Crosswalk. Ini adalah zebra cross yang dirancang dengan tujuan menyambut pengunjung yang siap mengeksplor Afrika maupun tempat zebra-zebra hidup di gurun nan tandus. Bisa dikatakan sebagai ajang promosi bagi para wisatawan.

5. Bubbles Hair Salon Comb Crosswalk

Bubbles Hair Salon Comb Crosswalk (blogspot)
Bubbles Hair Salon Comb Crosswalk (blogspot)

Urutan kelima ada Bubbles Hair Salon Comb Crosswalk. Kalau zebra cross ini sih tak perlu ditanya lagi uniknya dimana. Perhatikan foto di atas, zebra cross ini memiliki tampilan sisir. Kenapa tampilannya sisir? Pasalnya, Bubbles Hair Salon Comb Crosswalk adalah zebra cross yang dirancang sebagai penanda sebuah lokasi salon yang terletak di Roma, Italia. Dengan melewati zebra cross ini, kamu akan langsung mengetahui letak salon tersebut.

(nha)