Posisi tidur (viral-next.com)

Bermimpi ketika tidur sudah pasti pernah dialami oleh semua orang, bahkan ada yang selalu bermimpi di setiap tidurnya. Berbagai macam mimpi yang dilewati, menyenangkan, menyedihkan, bahkan ada yang bermimpi erotis. Bagaimanakah kamu menaggapi mimpi-mimpimu tersebut? Guys, ternyata jenis mimpi itu juga bisa ditentukan dari posisi tidur loh. Sebuah penelitian dari Calvin Kai-Ching Yu yang hasilnya telah diterbitkan tahun 2012 lalu dengan judul â??The Effect of Sleep Position on Dream Experiences” melibatkan 700 subjek di mana akhirnya disimpulkan bahwa beberapa posisi tertentu bisa menghasilkan jenis tipe mimpi yang spesifik. Mau tahu lebih jelasnya? Baca artikel ini sampai selesai ya guys.

1. Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap (medscape.com)

Posisi tidur ini biasanya akan memberikan sensasi dan menghasilkan jenis mimpi erotis. Penyebabnya adalah karena bagian dada, pusar dan alat vital tertekan. Hal ini ditegaskan oleh seorang penulis kesehatan, Alice Martin, dari Everyday Health yang menuturkan bahwa mereka yang tidur tengkurap merasakan mimpi yang terasa intense, hidup, dan berbau seksual.

2. Miring ke kanan

Posisi tidur miring ke kanan (telegraph.co.uk)

Mereka yang gemar tidur dengan posisi miring ke kanan, cenderung memiliki mimpi yang positif dan menyenangkan. Hal ini lantaran posisi tidur miring ke kanan akan membuat seseorang lebih rileks dan santai. Dalam posisi tidur miring ke kanan, sebagian besar tubuh akan beristirahat, seperti otak kiri dan jantung.

3. Miring ke kiri

Si ganteng akan mimpi buruk nih kalau posisi tidur miring ke kiri (wartakesehatan.com)

Kebalikan dari posisi tidur miring ke kanan, maka posisi tidur miring ke kiri akan memberikanmu mimpi yang cenderung kurang baik atau bahkan buruk. Kenapa ya? Karena saat tidur dengan posisi miring ke kiri maka jantung akan terhimpit. Hal itulah yang biasanya menyebabkan dada berdebar dan detak jantung terasa lebih kuat. Dengan begitu alam bawah sadar akan mengirimkan jenis mimpi yang kurang baik.

4. Telentang

Tuh, leher terhimpit kalau kamu tidur dengan posisi telentang (normalbreathing.com)

Hasil penelitian menyebutkan bahwa posisi tidur terakhir ini ternyata memiliki efek yang berbahaya loh guys. Hal itu karena saluran pernafasan terhalang oleh lidah yang menjadikan tubuh kekurangan oksigen. Bahkan dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang bisa membuat seseorang terbangun dengan tiba-tiba lantaran nafas yang berat. Selain itu, ketika bangun tidur dari posisi terlentang, biasanya kepala terasa pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak.

(anb)