Di tengah-tengah lesunya blantika musik Indonesia, muncul sebuah band dengan warna berbeda. Ialah Barasuara. Band beranggotakan tujuh personel ini hadir dengan mengusung musik alternatif pop/rock. Hentakan drum yang enerjik, full skill bass yang kerap menonjolkan betotannya di beberapa bagian dan gitar distorsi dipadu petikan yang khas, berhasil menggelegar musik Indonesia.

Sesuai dengan nama band-nya Barasuara. Suara yang membara. Sebuah analogi bahasa yang menurut gw keren banget. Bukan cuma api yang membara. Tapi suara membara. Atau dengan kata lain, Barasuara mencoba memperkenalkan suara yang bisa membara bagaikan si jago merah melalap hati pendengar rock tanah air.

Simak saja salah satu lagunya yang berjudul “Nyala Suara”. Suara sang vokalis, Iga Massardi yang serak-serak nge-bass dibalut gebukan beat drum enerjik, bass line yang seru, dan kocokan gitar clean dan distorsi harmonis, menjadikan lagu tersebut begitu sempurna. Belum lagi lagu energik lainnya, “Api dan Lentera” yang dijamin tak bikin bosan.

Tak hanya itu, lagu “Sendu Melagu” juga tak kalah keren. Dengan sentuhan intro petikan gitar dicampur ketukan drum yang pas membuat awal lagu tersebut ciamik untuk didengar. Nada lagunya pun tak kalah bagus dengan musiknya.

Yang tak kalah menarik, dan menjadi keunikan sendiri untuk band rock ini adalah dengan adanya dua backing vocal wanita yang mengiringi suara vokalis utama. Belum pernah dengar kan, musik rock dengan vokalis serak diharmonisasikan dengan suara halus dua wanita cantik.

Secara lengkap, Barasuara digawangi oleh Iga Massardi (Vocal, Guitar), TJ Kusuma (Guitar), Gerald Situmorang (Bass), Marco Steffiano (Drum). Dilengkapi dua penyanyi wanita pengiring, Asteriska dan Puti Chitara semakin membuat Barasuara tidak biasa, begitu meriah.

Buat JB’ers yang pengin tahu bisa dengar lagunya di YouTube dalam program ‘Sound from the Corner’. Ada versi eksklusif performance band. Ada juga klip live music dengan berkolaborasi dengan Efek Rumah Kaca. Bagi kamu yang penasaran ingin melihat perfoma-nya, Barasuara akan menggelar konser bertajuk Taifun pada 22 Oktober 2015 mendatang di Rossi Music Fatmawati, Jakarta Selatan. (rei)