Menjaga eksistensi di tengah ramainya industri musik Indonesia tentunya bukanlah sebuah hal yang mudah. Namun grup band NTRL (tadinya Netral) membuktikan jika mereka tetap mampu bersaing dengan mengusung musik punk.

Berdiri sejak tahun 1992 silam, band beranggotakan 3 orang ini sudah menghasilkan banyak hits luar biasa seperti “Terbang Tenggelam”, “Sorry” hingga yang terbaru “Sakit Jiwa”. Pastinya ada satu rahasia di balik eksistensi mereka selama lebih dari 20 tahun. Menurut Bagus, bassist NTRL, hal terpenting dari perjalanan mereka selama ini adalah kekompakan dan persaudaraan.

NTRL (Kapanlagi)
NTRL (Kapanlagi)

Tips dan trik dari Bagus itu juga diamini oleh Eno sang drummer. Menurut bapak dua anak itu, para personel NTRL betul-betul menjaga komunikasi mereka meski di luar jadwal manggung.

“Maksudnya nggak cuma ini, misalnya kayak kita udah kelar latihan terus udah kelar, kayak habis manggung udah, kelar. Sebenernya kita setiap habis manggung kita review lagi apa yang kurang. Sering banget ketemu pun itu jarang banget, cuma komunikasinya sering. Karena yang sering ketemu aja malah bubar. Maksudnya durasi komunikasinya nggak pernah putus sih,” ujar Eno seperti dikutip dari Kapanlagicom, Jumat (16/10/2015).

NTRL (Kapanlagi)
NTRL (Kapanlagi)

Mereka bertiga juga menyediakan satu waktu khusus untuk saling sharing ide hingga latihan bareng. Bukan hanya itu saja, para fans juga diundang untuk bisa lebih dekat dengan idola mereka di kesempatan khusus itu.

“Setiap hari rabu, kita latihan. Tiap rabu jam dua kita latihan di tempatnya Eno. Ya itu tempat kumpul anak-anak (fans) juga. Kalo misalkan NTRLizer mau main, atau mau manggung mereka kumpul di situ. Kayak kemarin ada acara buka puasa halal bihalal ketemu di situ. Itu makanya durasi ketemu pun ya intens,” pungkas Coki.

Sudah tahu ‘kan rahasia NTRL bisa bertahan lebih dari 20 tahun? Tips ini bisa kamu coba kalau kamu punya band dan ingin terus eksis. (tom)