Di Indonesia, jalan rusak dan berlubang bisa kamu temui di berbagai wilayah. Masalah ini memang membuat geram masyarakat karena membahayakan pengendara maupun memakan korban kecelakaan. Masyarakat pun hanya bisa protes dengan melakukan aksi menaruh berbagai tanaman dikubangan air atau di jalanan berlubang.

Berbeda dengan di Indonesia, di India, tepatnya di jalan Sultanpaya, kota Bangalore, justru lubang-lubang yang ada di jalanan itu dijadikan media untuk bisa menghasilkan karya seni yang menakjubkan.

Karya seni itu dibuat oleh pria bernama Baadal Nanjundaswamy. Di kota tempat dia berasal, namanya memang sudah cukup dikenal karena memang dia terus menciptakan karya seni dari lubang-lubang di jalanan. Lalu untuk apa dia melakukan itu?

Dilansir dari Mirror, Jumat (16/10/2015), rupanya dia melakukan itu sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang tak kunjung memperbaiki jalanannya meskipun sudah berlubang. Dengan harapan bahwa pemerintah bisa langsung sadar dan memperbaiki jalannya, Baadal tak sungkan untuk membuat berbagai macam karya seni yang tentunya cukup unik.

Salah satu hal yang cukup mengundang perhatian adalah Baadal sempat meletakkan buaya besar di dalam lubang jalan tersebut. Tentu bukan buaya sungguhan, sang seniman membuat patung buaya sepanjang 4 meter yang sangat mirip buaya asli.

Aksi Baadal menaruh patung buaya di jalanan itu tentunya menarik perhatian warga. Dan yang terpenting menarik perhatian pemerintah dan hasilnya sehari setelah aksi buaya itu, pemerintah kota Bengalore menambal lubang jalanan tersebut.

Kira-kira jika aksi seperti ini dilakukan juga di Indonesia, terutama Jakarta, apakah pemerintah juga akan melakukan hal yang sama, yaitu langsung memperbaiki jalan yang rusak?

Untuk karya-karya dari Baadal lainnya, bisa kamu lihat pada foto-foto berikut ini. (tom)