Sukses atau bahagia? (iavm.org)

â??Success is not the key to happiness. Happiness is the key to success. If you love what you are doing, you will be successful.â? -Albert Schweitzer

Setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Begitupun kadar kebahagian setiap orang memiliki tingkatan yang berbeda pula. Ada yang ingin sukses kemudian bahagia, dan ada juga yang ingin selalu senantiasa bahagia dengan semua hidup yang dimilikinya.

Guys, sukses dan bahagia ternyata mempunyai pengertian berbeda loh, tergantung pada pribadi masing-masing. Kalau kamu, apakah tujuan hidupmu untuk bahagia atau untuk sukses? Kamu perlu tahu tentang perbedaan sukses dan bahagia. Percuma kan kalau kamu sukses tapi hal tersebut malah merenggut kebahagiaanmu.

1. Waktu dan kenyamanan

Mereka yang berfokus pada kesuksesan biasanya akan bekerja dan melakukan sesuatu berdasarkan tenggat waktu yang ditentukan, bisa juga disebut dengan target. Sedangkan mereka yang berfokus pada kebahagiaan akan bekerja sesuai dengan tujuan dan keinginan yang dijalani dengan tenang dan nyaman tanpa terburu-buru oleh target. Target memang dibutuhkan, tetapi bukan menjadi sebuah kunci satu-satunya.

2. Kuantitas dan kualitas

Kalau kamu berfokus untuk sukses, disadari atau tidak, kamu akan mengukur kesuksesan hidupmu dengan kekayaan yang kamu miliki. Sedangkan kalau kamu berfokus untuk hidup bahagia, maka kamu akan memperhatikan seberapa baikkah dirimu.

3. Kedudukan dimata kawan

Dalam soal kedudukan dimata kawan, seseorang yang berfokus pada kesuksesan mungkin akan cenderung egois, karena mereka selalu ingin terlihat lebih unggul dibandingkan teman-teman yang lain. Sedangkan mereka yang ingin bahagia akan cenderung lebih mencintai kebersamaan dan ingin dihargai oleh sesama tanpa harus dipandang lebih.

4. Kebahagiaan pasangan

Dalam urusan asmara juga dapat ditelusuri, kamu akan merasa sukses kalau kamu berhasil menemukan pasangan yang tepat, sesuai dengan impianmu mengenai pasangan ideal. Nah, kalau kamu tipikal orang yang hanya sekedar ingin bahagia, maka kamu akan selalu menjaga dan menghidupi pasanganmu.

5. Kamu dan pengetahuan

Mengenai pengetahuan, hal ini seringkali menjadi tolak ukur apakah kamu tipikal orang yang ingin sukses atau bahagia. Perbedaannya dapat terlihat cukup jelas, yakni mereka yang ingin sukses akan sibuk untuk menggali berbagai ilmu yang berguna untuk dirinya sendiri. Sedangkan mereka yang ingin bahagia, mereka akan senang jika berbagi, maka ilmu yang mereka miliki akan mereka tularkan kepada yang lainnya.

(anb)